Kasus Covid-19 Melandai di Karimun dan Bintan

Kasus Covid-19 Melandai di Karimun dan Bintan

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Masing-masing pemerintah daerah di Kepri berupaya menekan penularan Covid-19. Kendati kasus melandai, namun berbagai upaya preventif perlu dijalankan agar tak menjadi gelombang baru.

Di Kabupaten Karimun, 51 pasien dirawat sebagai kasus aktif yang tercatat hingga Minggu (26/9/2021). Dilaporkan lima tambahan kasus dan lima kasus sembuh. 

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi mengatakan, jumlah penambahan kasus tidak lagi tinggi.

"Hari ini ada 5 penambahan kasus positif, kemudian juga ada 5 pasien yang sembuh. Jadi, untuk total kasus aktif saat ini ada sebanyak 51 kasus," kata Rachmadi.

Dari 5.411 kasus yang tercatat di Karimun secara kumulatif, 5.206 dari jumlah itu dinyatakan sembuh. Sementara jumlah kematian Covid-19 sebanyak 154 kasus.

"Untuk tingkat kematian juga menurun dalam sepekan terakhir, dan ini tidak ada laporan kematian," ucapnya.

Disebutkan Rachmadi, pasein yang masih aktif positif Covid-19 menjalani perawatan di beberapa tempat.

Di RSUD Muhammad Sani sebanyak 3 pasien, RSUD Tanjungbatu sebanyak 5 pasien, lalu RSBT 1 pasien, dan selebihnya menjalani isolasi mandiri di rumah. "Karimun saat ini berada di zona kuning," ujar Rachmadi.

Kasus melandai di Bintan

Sementara itu kasus covid-19 di Kabupaten Bintan juga terus melandai. Tercatat pada 25 September hanya didapati satu penambahan pasien positif sementara pasien yang sembuh sebanyak 32 orang.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF, mengatakan tambahan satu pasien yang positif covid-19 itu adalah seorang perempuan berinisial WM. 

Perempuan berusia 43 tahun itu berasal dari Jalan Nusantara Km 20, Kelurahan Gunung Lengkuas. "Iya benar semalam ada tambahan 1 pasien lagi. Dia dari Bintan Timur," ujar Gama, Minggu (26/9/2021).

Pasien ini tidak mengalami sakit dengan gejala apapun. Namun dia diagnosis suspek, lalu dicek melalui Rapid Diagnostik Tes (RDT) Antigen sebanyak dua kali dan hasilnya positif. "Kini WM menjalani isolasi di RSUD Bintan," katanya.

Selain ada tambahan kasus positif, di hari itu juga ada pasien yang sembuh setelah menjalani isolasi beberapa hari. Pasien yang sembuh sebanyak 32 orang dari berbagai kecamatan.

Jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Bintan tercatat 5.560 kasus, dari jumlah itu 5.341 kasus sembuh dan meninggal dunia 179 orang. 

"Kalau pasien yang masih isolasi sampai saat ini ada 40 orang. Mereka isolasi di RSUD Bintan satu orang, LPMP Kepri Ceruk Ijuk 23 orang, RSUP RAT Kepri satu orang, dan isoman ada 13 orang," ucapnya.

(aha/ary)