Kesah Juru Parkir di Karimun Pendapatan Turun Drastis saat PPKM

Kesah Juru Parkir di Karimun Pendapatan Turun Drastis saat PPKM

Juru parkir di Karimun menemui Bupati Aunur Rafiq meminta solusi atas turunnya pendapatan mereka saat PPKM. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Kalangan juru parkir di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau mengeluhkan penurunan pendapatan, sejak diberlakukannya PPKM.

Vendra, salah satu juru parkir menuturkan dampak PPKM benar-benar ia rasakan bersama dengan rekan-rekannya seprofesi.

Satu hal yang menghantui mereka adalah setoran. Rendahnya pendapatan jika dipotong setoran menjadikan nominal yang mereka terima berkurang drastis.

Bersama rekan-rekannya, Vendra mengeluhkan hal ini sekaligus meminta solusi kepada Bupati Karimun Aunur Rafiq.

"Kami minta untuk diringankan masalah setoran. Karena kalau setoran masih seperti biasa, dirasa sangat berat," kata Vendra, 
Sabtu (25/9/2021).

Ia menyebut kondisi ini dirasakan oleh seluruh juru parkir yang selama ini mengais rezeki di pelabuhan, pusat perbelanjaan maupun kawasan keramaian di Karimun.

"PPKM diberlakukan, juga memberikan dampak cukup kuat. Parkir-parkir sepi," ucapnya.

Mendengar keluhan tersebut, Rafiq meminta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karimun, untuk mempertimbangkan kembali mengenai setoran parkir.

"Saya minta Dinas Perhubungan untuk mempertimbangkan setoran parkir ini, segera dudukkan dengan koordinator juru parkir untuk melihat kondisi dan kemampuan mereka di lapangan," kata Rafiq.

Rafiq juga menyebutkan, keluhan karena berkurangnya pendapatan juru parkir tersebut, lantaran adanya penurunan jumlah penumpang di pelabuhan.

Kemudian, pembatasan aktivitas masyarakat juga menjadi salah satu faktor. Lantaran banyak masyarakat yang memilih untuk tidak keluar rumah.

"Saya sudah mendengar langsung keluhan para juru parkir ditengah kondisi pandemi saat ini. Mungkin, terjadinya penurunan pendapatan ini terjadi di sejumlah titik seperti di pelabuhan yang sepi karena jumlah keluar masuk penumpang menurun," ucap Rafiq.

Rafiq mengakui bahwa, peran juru parkir cukup penting dalam membantu pemerintah dalam memberikan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam retribusi parkir.

Sehingga, keluhan para juru parkir tersebut memang harus segera ditindaklanjuti."Kita akan bantu, karena mereka adalah bagian yang bekerja untuk menghasilkan PAD kita," kata Rafiq.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews