Banyak Promo Kendaraan di Akhir Tahun, Ini Tips Biar Tidak Nyusahin

Banyak Promo Kendaraan di Akhir Tahun, Ini Tips Biar Tidak Nyusahin

Deretan pameran otomotif. (foto: ist/net/viva)

BATAMNEWS.CO.ID - Pameran otomotif di akhir tahun seperti Jakarta Auto Show (JAS), memang dialokasikan khusus untuk memancing gairah industri otomotif nasional yang beberapa tahun ini menurun. Namun, sebaiknya juga Anda harus bijak dengan semua tawaran yang ada.

"Biasanya kalau akhir tahun kan ada tuh tawaran-tawaran yang cukup menggiurkan untuk memiliki kendaraan, entah itu mobil atau pun motor idaman. Biasanya yang dimainkan adalah uang muka dan besaran cicilannya. Kemudian tenornya berapa lama," ujar Rudy yang bekerja di salah satu perusahaan pembiayaan otomotif nasional dilansir viva.

"Jangan sampai ketika kita mengambil tenor yang terlalu panjang, malah menyusahkan sistem keuangan kita juga dalam jangka waktu yang panjang."
 
Hal berikut yang perlu diperhatikan adalah tentang pemilihan asuransi yang tepat untuk berjaga-jaga. Namun, biasanya dari paket pembelian kendaraan, pihak leasing menawarkan kerjasama dengan pihak asuransi. Sehingga saat mobil tiba ke garasi konsumen, bayaran per bulannya sudah termasuk biaya asuransi.

Kemudian pajak tahunan kendaraan, juga harus diperhatikan. Lantaran membayar cicilan dan pajak kendaraan dalam waktu yang hampir bersamaan, bisa jadi bakal memberatkan jika pendapatannya sangat pas untuk itu. Sehingga butuh pinjaman yang berakibat membengkaknya utang.

Jadi, harap lebih bijak untuk membeli kendaraan di akhir tahun. Lantaran diskon besar di awal atau penawaran yang ringan di awal, bisa jadi malah memberatkan saat menjalaninya dalam jangka waktu panjang.

(ind/bbs/viva)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews