Begini Caranya Menghemat Paket Data Internet Android!

Begini Caranya Menghemat Paket Data Internet Android!

Ilustrasi: clipartanda

BATAMNEWS.CO.ID - Pengguna smartphone android ada kalanya tidak memperhatikan penggunaan paket data internetnya. Anda baru sadar ketika tiba-tiba mendapatkan pesan singkat pemberitahuan dari provider bahwa paket data sudah hampir habis.

Pemakaian paket data internet smartphone android seringkali tidak diperhatikan pengguna. Padahal, banyak aplikasi di android yang bekerja diam-diam dan mengkonsumsi data internet tanpa sadar.

Anda bisa menghemat penggunaan paket data internet sehingga tidak cepat habis. Seperti dilansir dari Gizbot, begini cara mengurangi penggunaan paket data di smartphone android.

1. Matikan aplikasi auto sync (sinkronisasi secara otomatis)
Mnoonaktifkan auto sync bukan hanya menghemat paket dta internet, tetapi juga dapat menghemat baterai. Auto sync bekerja untuk mendapatkan real-time pemberitahuan untuk Gmail, Facebook, Kalender dan akun lainnya. Untuk menonaktifkan auto-Sync, masuk ke menu Account di Pengaturan dan pilih opsi auto-sync.

2. Atur data limit

Smartphone android dibuat dengan kemampuan mengatur batas penggunaan data. Untuk menjalankannya, buka devices settings (pengaturan perangkat), kemudian pilih Data Usage and activate. Pilih "set cellular data limit". Gunakan dua slider untuk mengatur batas data bulanan dan juga untuk memperingatkan penggunan data.

3. Melakukan update aplikasi hanya menggunakan Wi-Fi
Salah satu opsi terbaik untuk mengurangi penggunaan paket data adalah dengan melakukan update aplikasi hanya melalui Wi-Fi. Caranya, buka Google Play Store, kemudian buka Setting, pilih Auto-update apps. Pilih "Do ot Auto-update apps" atau "Auto-update apps over Wi-Fi only".

4. Penyimpan data Chrome
Chrome dilengkapi dengan fitur keren bernama data saver. Fitur ini meng-kompres semua data masuk dan megunakan sedikit data untuk memuat data di smartphone.

5. Peta offline
Aplikasi Google maps telah diperbaharui dengan ftur baru yaitu peta offline. Caranya, download saja semua data peta pada smartphone sebelum bepergian. Buka Google maps dan acri tujuan, pilih menu dan "save offline map".

[rul]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews