Terungkap Sebab Jaringan Telkomsel di Natuna-Anambas Mendadak Hilang

Terungkap Sebab Jaringan Telkomsel di Natuna-Anambas Mendadak Hilang

Ilustrasi via Lampungpost.

Natuna, Batamnews - Warga Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), khususnya pelanggan provider Telkomsel dibuat panik lantaran jaringan provider terbesar di Indonesia tersebut hilang total atau blank spot.

Kejadian ini terjadi Minggu (19/9/2021) sore. Terpantau di salah satu group WhatsApp khusus layanan pengaduan Natuna, sejumlah warga mengadukan hilangnya signal di daerah mereka masing-masing semenjak Minggu sore.

Hilangnya signal bukan hanya terjadi di Ibu Kota Ranai dan sekitarnya, bahkan hingga ke daerah Pulau Tiga, Pulau Laut dan kecamatan lainya.

Baca juga: Telkomsel Pasang 5 Repeater Penguat Sinyal di Lingga Tahun Ini

Kepala Teknis Telkomsel Natuna, Handoko melalui pesan WhatsApp-nya di group tersebut membenarkan jika saat ini sedang terjadi gangguan jaringan di Natuna dan Anambas.

"Saat ini masih proses perbaikan, mohon maaf atas ketidak nyamanan nya," ucap Handoko, Minggu malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Natuna, Raja Darmika mengatakan, gangguan jaringan Telkomsel terjadi dikarenakan adanya gangguan disisi transmisi telkom di Kalimantan ke Natuna, sehingga menyebabkan signal Telkomsel mengalami gangguan menyeluruh.

"Saat ini PRB masih satu kaki untuk Link Singkawang - Natuna - Tarempa, dikarenakan Batam - Tarempa kabel submarine nya putus," jelas Darmika.

(Yan)