Zona Merah Covid-19 di RI Tersisa Satu Wilayah

Zona Merah Covid-19 di RI Tersisa Satu Wilayah

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Zona merah Covid-19 di Indonesia tersisa satu wilayah. Data terakhir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 per 12 September yang dirilis baru-baru ini mencatatkan sebaran zona merah hanya tersisa satu kabupaten/kota.

Jumlah itu lebih sedikit apabila dibandingkan dengan pekan sebelumnya yang sebarannya mencapai lima kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Satu-satunya wilayah zona merah tersebut yakni, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh. Kasus positif Covid-19 di Aceh memang menunjukkan tren penurunan sejak awal September 2021, meski dalam sepekan terakhir masih masuk 10 besar provinsi penyumbang kasus Covid-19 tertinggi harian di Indonesia.

Kendati demikian, tren kenaikan kasus kematian dilaporkan terjadi di Aceh. Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan per 11 September, Tingkat Komunitas (TK) Provinsi Aceh termasuk pada level 2. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan kasus positif di Aceh relatif rendah, hanya 20-50 kasus/100 ribu penduduk per minggunya.

Adapun, TK tertinggi yakni pada level TK 4 dengan lebih dari 150 kasus/100 ribu penduduk per minggu. Menurut laporan terbaru itu, tidak ada satu pun provinsi di Indonesia masuk level ini.

Baca juga: Pemkab Meranti Segera Sambangi Sekolah Permudah Vaksinasi Bagi Pelajar

Lebih lanjut, selain zona merah, Satgas juga mencatat zona oranye atau wilayah dengan risiko sedang penularan Covid-19 yang mengalami penurunan jumlah. Dari pekan lalu yang tercatat sebanyak 294 wilayah zona oranye, maka pekan ini berkurang menjadi 89 kabupaten/kota zona oranye.

Zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 juga mengalami peningkatan menjadi 423 wilayah, dibandingkan data pekan lalu yang mencatat 117 kabupaten/kota masuk dalam zona kuning. Seluruh kabupaten dan kota administrasi di DKI Jakarta masuk kategori ini.

Selanjutnya, zona hijau tidak mengalami perubahan. Kabupaten Pegunungan Arfak di Papua Barat menjadi satu-satunya daerah yang melaporkan tidak ada penambahan kasus. Adapun satu wilayah yang dilaporkan tidak terdampak virus corona hingga Juli lalu, yakni Kabupaten Dogiyai di Papua, kini masuk kategori zona kuning.

Secara kumulatif, sebanyak 4.178.164 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona di Indonesia. Dari jumlah itu sebanyak 3.953.519 orang dinyatakan pulih, 84.963 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 139.682 lainnya meninggal dunia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews