Yamaha RX King di Batam Kini Jadi Incaran Maling, Pemilik Wajib Hati-hati

Yamaha RX King di Batam Kini Jadi Incaran Maling, Pemilik Wajib Hati-hati

Barang bukti Yamaha RX King hasil curian yang diamankan Polsek Lubuk Baja dari tersangka curanmot. (Foto: Reza/batamnews)

Batam, Batamnews - Maling motor di Batam, Kepulauan Riau tak lagi menyasar motor jenis dan rakitan tahun terbaru. Motor-motor produksi lama pun menjadi incaran.

Salah satu jenis motor yang dibidik pencuri adalah motor lama yang masih menggendong mesin dua tak, salah satunya adalah Yamaha RX.

Dalam sepekan terakhir, polisi mengungkap dua kasus pencurian kendaraan bermotor legendaris yang sudah tak diproduksi lagi.

Pengungkapan pertama adalah saat Polsek Batuaji mengungkap kawanan curanmor yang melibatkan remaja. Mereka menggondol sebuah Yamaha RX-S lalu mencincangnya dan suku cadangnya dijual melalui forum jual beli di media sosial.

Baca: Polisi Ringkus Kawanan Curanmor Batam Usai Jual Sparepart di FB

Kasus ini terungkap pada Selasa (7/9/2021) ketika polisi menangkap  EA (17) dan IS (17), dua remaja yang mencuri motor milik Putra, warga Tanjunguncang.

Selain keduanya, polisi juga menangkap pria berinisial MDS (20) yang menjadi otak dalam pencurian tersebut di Ruko Pasar PJB, Sagulung.

Terkini, maling juga menggondol satu unit Yamaha RX King di depan Hotel Asia Link Pelita pada Minggu (12/9/2021) lalu.

Pemilik motor, M Ilham, bahkan sempat mendengar suara sepeda motornya dihidupkan oleh pelaku. Ya, motor keluaran Yamaha ini memiliki suara yang khas.

Namun, saat Ilham mendatangi lokasi parkir, ia mendapati kendaraannya sudah lenyap.

Bersama rekannya, Ilham mencoba mengejar, namun motor kesayangannya itu terlalu kencang untuk diikuti. Ia kehilangan jejak.

Polsek Lubuk Baja yang mendapat laporan, lalu melakukan penyelidikan lapangan. 

Baca: Polisi Tangkap Pelaku Curanmor Berusia 16 Tahun di Batam

Pelaku tak lama berhasil ditangkap polisi. Berdasarkan ciri-ciri yang diberikan korban, seorang remaja YB (16) berhasil diamankan di dekat Alfamart Golden Prawn, Bengkong.

"Pelaku beserta barang bukti dibawa langsung ke Polsek Lubuk Baja," kata Kapolsek Lubuk Baja AKP Budi Hartono, Selasa (14/9/2021).

Lalu apa yang menjadi daya tarik bagi maling mencuri Yamaha RX-S atau RX-King?

Dirangkum dari berbagai sumber, Yamaha RX-King di masa jayanya lebih sering dikenal sebagai motor jambret.

Meski tidak tahu dari mana awal dari istilah tersebut, label ini sudah biasa diucap oleh masyarakat sejak tahun 80-an.

Kala itu, banyak pelaku kejahatan yang menggunakan RX-King sebagai tunggangannya ketika melancarkan aksi jahatnya, mulai jambret hingga perampokan. Hal ini lantaran, RX-King memiliki kecepatan di atas rata-rata motor pada umumnya.

Kendati demikian, nyatanya pandangan tersebut perlahan mulai menghilang dan justru malah membuat  ‘Sang Raja’ 2-tak ini menjadi buruan para kolektor motor.

Harganya yang selangit, tak ayal membuat motor legendaris ini menjadi incaran maling.

(rez)

Berita Terkait