Biar Ganteng dan Cantik Maksimal, 7 Cara Bersihkan Komedo

Biar Ganteng dan Cantik Maksimal, 7 Cara Bersihkan Komedo

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Memiliki komedo pada wajah merupakan hal yang sangat menyebalkan.Bagaimana tidak, hal ini tentu bisa merusak penampilan.

Komedo sendiri memang lebih sering terjadi pada wajah terutama hidung. Untuk mengatasi komedo ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya.

Teratur Membersihkan Wajah

Anda dianjurkan untuk rutin mencuci muka di pagi dan malam hari. Selain waktu yang dianjurkan di atas, Anda pun perlu membersihkan wajah setelah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan pengeluaran keringat.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori wajah Anda.Perlu diingat, jangan membersihkan wajah terlalu berlebihan. Sebab, hal itu dapat merangsang pembentukan minyak wajah lebih banyak.

Lakukan ekstraksi

Anda mungkin sering mendengar bahwa mengangkat komedo secara langsung dapat memperburuk kondisi wajah Anda. Pernyataan itu benar adanya.

Faktanya, ketika telah terjadi peradangan pada jerawat atau komedo di wajah ataupun di area sekitar hidung, tindakan ini dapat memperparah kondisi. Namun, Anda dapat secara rutin mengangkat komedo dengan bantuan tenaga ahli untuk hasil yang lebih baik.

Pakai sikat pembersih kulit

Cara menghilangkan komedo berikutnya adalah menyikat pori kulit menggunakan sikat pembersih khusus. Langkah ini dapat membantu membersihkan kotoran penyebab komedo sekaligus memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit.

Namun, pastikan untuk selalu menghidrasi kulit Anda kembali setelah menggunakan sikat ini. Gunakan pelembap yang sesuai untuk kulit Anda.

Chemical peeling

Chemical peeling biasanya digunakan sebagai terapi anti penuaan karena dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit. Selain itu, terapi ini juga baik dilakukan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo.

Chemical peeling merupakan sebuah terapi pengangkatan kulit mati hingga lapisan terdalam dan pengecilan pori-pori wajah. Kulit Anda pun akan tampak lebih cerah.

 

Pakai Losion Retinoid

Losion retinoid adalah losion yang terbuat dari vitamin A. Fungsinya adalah untuk membersihkan sumbatan pada pori-pori di kulit wajah. Selain itu, losion ini juga dapat merangsang pembentukan sel kulit yang baru.

Oleh karena itu, penggunaan losion retinoid adalah salah satu cara membersihkan komedo. Anda dapat menggunakan losion ini di malam hari karena ia sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Gunakan tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oiltelah dipakai sejak lama sebagai pengobatan alternatif untuk menghilangkan jerawat dan komedo yang membandel. Hal ini dikarenakan adanya senyawa antiradang dan antimikroba di dalamnya.

Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo yang menumpuk. Sebagai salah satu jenis minyak esensial,tea tree oildapat dipakai secara langsung di area yang bermasalah, seperti wajah dan hidung.

Anda juga dapat memilih produk perawatan yang mengandungtea tree oilsebagai pilihan lainnya. Meski begitu, selalu konsultasikan dengan dokter jika ingin menggunakan bahan alami tertentu, terutama ketika Anda tengah menjalani pengobatan jerawat.

Pakai masker wajah berbahan alami

Bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas memang dapat dijadikan toner atau scrub. Anda pun dapat mengolahnya menjadi masker sebagai cara untuk menghilangkan komedo membandel.

Alih-alih memencet komedo yang dapat memicu peradangan, sebaiknya Anda pilih jenis masker yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, masker putih telur, teh hijau atau minyak kelapa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews