Hamparan Lumut Hijau Penuhi Pantai Tanjung Natuna

Hamparan Lumut Hijau Penuhi Pantai Tanjung Natuna

Hamparan lumut memenuhi Pantai Tanjung Selahang, Natuna. (Foto: Yanto/batamnews)

Natuna, Batamnews - Kawasan pantai selalu identik dengan hamparan pasir dengan warna putih ataupun abu-abu. Namun sebuah fenomena unik terjadi di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

Warna hijau terlihat di sepanjang Pantai Teluk Selahang, Kecamatan Bunguran Timur Laut. Hal ini terjadi setelah tumbuhan lumut memenuhi sepanjang pantai.

Kejadian langka tersebut tak ayal menarik perhatian warga sekita. Mereka mengabadikan peristiwa langka itu menggunakan kamera ponsel.

Menurut Hadisun, warga Ranai, fenomena yang terjadi pada awal pekan ini merupakan kali pertama ia lihat di pantai yang dikenal dengan sebutan Pantai Tanjung itu.

"Senin 30 Agustus 2021 sore, ketika sedang berada di pantai Tanjung, ada pemandangan yang tidak biasa yang saya lihat. Hampir sepanjang sisi pantai dipenuhi lumut tebal berwarna hijau," terang Hadisun, Jumat (3/9/2021).

Merasa takjub dengan pemandangan tersebut, Hadisun lantas mengaitkan hijaunya Pantai Tanjung dengan perubahan cuaca yang ekstrem di Natuna. 

Atas kejadian tersebut, hingga kini belum ada tanggapan resmi dari pihak terkait seperti dinas lingkungan hidup ataupun Pemda Natuna sendiri.

Pemerhati lingkungan di Natuna, Cherman menyebut munculnya lumut di Pantai Tanjung akibat pencemaran dan menjadi pertanda makin berkurangnya ikan pemakan tanaman laut itu.

“Itu adalah lumut, Sebenarnya akibat adanya pencemaran lingkungan dan  makin berkurangnya habitat ikan pemakan lumut, dan ini sebenarnya banyak di temui termasuk di Natuna,’’ ungkap Cherman dikutip RRI Natuna.

Ia mengatakan sudah melihat kemunculan lumut ini sejak April 2021 lalu. Bahkan, pada tahun 2020, fenomena ini juga terjadi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews