Rencana Pembangunan Bendungan Jelutung di Lingga Masuk Agenda Pusat

Rencana Pembangunan Bendungan Jelutung di Lingga Masuk Agenda Pusat

Bupati Lingga, pada rapat tersebut turut didampingi Plt Kepala Bapelitbang, Nelawati, Plt Kepala Dinas PUPR, Novrizal, Kepala Dinas Perhubungan, Selamat, Kepala Kesbangpol, Armia dan perwakilan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim).

Lingga, Batamnews - Rencana pembangunan bendungan di Air Terjun Jelutung, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), masuk dalam agenda pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bapelitbang Lingga, Nelawati ketika mendampingi Bupati Muhammad Nizar mengikuti rapat dengan agenda pengembangan wilayah dan percepatan pembangunan infrastruktur Provinsi Kepri, Kamis (2/9/2021).

Rapat yang digelar secara virtual di ruang pertemuan Bapelitbang Lingga itu, dibuka langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan didampingi oleh Menteri Agraria, Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, dan Menteri PUPR.

"Rencana pemenuhan air baku ini memang sudah lama jadi perencanaan daerah, sejak Bupati kemarin, dan sudah masuk pada agenda pusat," kata Nela usai rapat.

Baca juga: Air Terjun Jelutung, Solusi Atasi Krisis Air Bersih di Kota Batam

Perencanaan ini lanjutnya, selain untuk pemenuhan suplay air ke Kota Batam, bisa berguna nantinya untuk pembangkit tenaga listrik.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUPR Lingga, Novrizal mengatakan, secara teknis usulan pembangunan bendungan di Jelutung sudah disiapkan baik itu Detail Engineering Design (DED),  Analisis Dampak Linggkungan (AMDAL), menyusul Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) dalam penyusunan.

"Sudah hampir siap semua, dan masih pada tahap pengurus LARAP. Setelah proses itu semua selesai, daerah masih melalui satu proses tahapan lagi yakni pembebasan lahan. Baru nanti, tergantung pusat apakah ini disetujui untuk proses pembangunannya," jelas Novrizal.

Bupati Lingga, dalam hal ini menekankan agar dinas/badan terkait, untuk serius mengerjakan, dan dikemas secara matang. Dia berharap usulan agenda perencanaan ini dapat terealisasi dari pusat.

Baca juga: Gubernur Kepri Kenalkan Air Terjun Jelutung Lingga ke Menteri PUPR

Kabupaten Lingga, dengan sumber daya air yang melimpah ruah, tentu akan menjadi potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Kekayaan ini tentu harus termanfaatkan, agar berdaya guna bagi kehidupan banyak orang. Tidak hanya berguna bagi Kota Batam, tapi secara aspek finansial, akan memperoleh omset untuk daerah sendiri, dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

"Semoga ini terealisasi, dan kita memang meminta dinas atau badan terkait agar untuk memperhatikan hal ini," kata Nizar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews