Roby Minta OPD Pemkab Bintan Inisiatif Cari Bantuan Anggaran Pusat

Roby Minta OPD Pemkab Bintan Inisiatif Cari Bantuan Anggaran Pusat

Bupati Bintan Apri Sujadi meninjau penyerahan alsintan oleh DPKP (Foto:ist)

Bintan, Batamnews - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bintan, Roby Kurniawan meminta agar OPD tidak hanya bergantung dengan alokasi APBD untuk menggelar kegiatan. Katanya, masing-masing OPD bisa berusaha mencari bantuan anggaran ke Pemerintah Pusat.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, keuangan daerah terbatas. Apalagi telah dilakukan 4 kali recofusing anggaran yang dampaknya banyak program ditunda. Agar program pro masyarakat tetap berjalan, seharusnya OPD bisa berinovasi serta mencari alokasi anggaran di pusat," ujar Roby di Bintan Timur, kemarin.

Seperti di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Satker Ditjen PSP dan Ditjen Hortikultura mengucurkan bantuan-bantuan cultivator dan sarana produksi bawang merah melalui DKPP Bintan.

Baca juga: Bupati Nonaktif Bintan Apri Sujadi Terima Penghargaan Kwarnas Pramuka

Bantuan yang bersumber dari APBN tersebut sangat meringankan beban Pemkab Bintan. Kemudian juga membantu program pertanian khususnya ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

"Ini salah satu contoh bagaimana mencari pembiayaan alokasi pusat yang bisa dimanfaatkan di daerah dengan keterbatasan alokasi anggaran daerah saat pandemi sekarang ini," jelasnya.

Perlu juga diketahui, di masa pandemi Covid-19 sekarang, kata Roby, ketahanan pangan memiliki posisi yang tidak kalah penting. Dengan bantuan alat tersebut diharapkan sektor pertanian dapat menjadi unggulan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Penyerahan bantuan alat pertanian ini adalah sebagai bentuk guna menunjang produktivitas pertanian tentunya semoga ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya," pungkas Roby.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews