Siswa SMKN Karimun Wakili Kepri di Lomba Cipta Lagu FLS2N Nasional

Siswa SMKN Karimun Wakili Kepri di Lomba Cipta Lagu FLS2N Nasional

Siti Hajar Destria akan menjadi wakil dari SMKN Karimun di tingkat nasional (Foto:ist)

Karimun, Batamnews - Sukses menjuarai Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), SMK Negeri Kundur, Karimun, akan menjadi wakil Kepri di FLS2N tingkat nasional, dalam kategori lomba cipta lagu.

SMK Negeri Kundur berhasil menyabet empat kategori lomba dari tujuh perlombaan yang diikuti di tingkat provinsi. Perlombaan itu dilakukan dengan cara daring, pertengahan Agustus lalu.

Guru pendamping FLS2N SMK Negeri Kundur, Harja Saputra mengatakan, dari sembilan bidang yang dilombakan di tingkat Provinsi Kepri, ada tujuh lomba yang diikuti sekolah tersebut dan dia ditugaskan untuk membimbing para siswa siswi yang mengikuti lomba.

"Alhamdulillah dari tujuh bidang yang kami ikuti, empat diantaranya memperoleh juara. Diantaranya Juara satu cipta lagu, juara dua menyanyi solo, juara tiga film pendek dokumenter, dan juara harapan satu film pendek fiksi," kata Harja, Kamis (26/8/2021).

Atas prestasi yang diraih oleh anak didiknya bernama Siti Hajar Destria, dan berhasil menyabet juara satu pada lomba cipta lagu, maka siswi jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Kelas XII SMK Negeri Kundur itu, dipercaya mewakili Provinsi Kepri untuk tingkat nasional pada lomba yang sama.

Baca juga: Belum Vaksin Covid-19? Silahkan Datang ke Mapolres Karimun, Gratis

Dijelaskan Harja, dalam lomba cipta lagu, ada dua judul lagu yang diikutkan. Pertama adalah lagu berbahasa daerah yang diberi judul Menyatu Pulau Membangun Negeri.

"Lagu tersebut menceritakan tentang keindahan alam Pulau Kundur, dan kultur masyarakatnya yang ramah, serta jujur. Bahkan Pulau Kundur dikenal sebagai tanah kelahiran bagi banyak pemimpin hebat di Provinsi Kepri," ujar Harja.

Lagu kedua menurutnya, berbahasa Indonesia dengan judul Kita Bisa Kita Hebat. Lagu tersebut menceritakan tentang semangat generasi muda untuk mempertahakan eksistensi nasionalisme, ditengah gempuran budaya asing.

"Lagu ini diambil dari motto SMK secara nasional, yakni SMK Bisa, SMK Hebat," ucapnya.

Adapun persiapan yang dilakukan menjelang lomba FLS2N tingkat nasional, Harja mengaku akan mengaransemen ulang lagu yang nantinya akan di nyanyikan.

"Akan kami aransment ulang musiknya, diubah berdasarkan sharing-sharing dan saran dari para seniman daerah. Dengan harapan semoga kami mampu mendapatkan medali ditingkat nasional nantinya. Selain itu harapan kami agar lagu yang diciptakan ini bisa menjadi terkenal sampai nasional," ucap Harja.

Rencananya, lomba FLS2N tingkat nasional akan digelar pada 29 Agustus, dan akan dilaksanakan secara daring.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews