Pemprov Kepri Siapkan Rp 3,5 Miliar Rehab Rumah Suku Laut di Lingga

Pemprov Kepri Siapkan Rp 3,5 Miliar Rehab Rumah Suku Laut di Lingga

Kabid Perkim di Dinas Perkim Kepri saat menemui Bupati Lingga Muhammad Nizar di Gedung Daerah, kemarin.

Lingga, Batamnews - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim), telah mencanangkan program bantuan rehab rumah untuk suku laut atau Komunitas Adat Terpencil (KAT) tahun 2022, khususnya di Kabupaten Lingga.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Kawasan Pemukiman di Dinas Perkim Kepri, Nurzulecha ketika bertemu Bupati Lingga, Muhammad Nizar di Gedung Daerah, Daik, Senin (23/8/2021) kemarin.

Katanya, ada 100 unit bantuan rehab rumah untuk KAT tersebut, dengan total anggaran lebih kurang Rp 3,5 miliar.

"Bantuan dari Pak Gubernur ini ingin membantu rumah suku terasing, suku laut di sini (Kabupaten Lingga). Program dari Gubernur ini untuk tahun depan," tutur Nurzulecha pada kesempatan tersebut.

Baca juga: Proyek Rp 3,8 Miliar di Lingga Dihentikan Sementara Gegara Ini

Selain bantuan provinsi itu, Pemkab Lingga juga diminta untuk menyiapkan bantuan serupa sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat KAT.

"Ini juga sebagai bentuk kolaborasi antara provinsi dan kabupaten, yang pasti provinsi sudah 100 rumah, dan daerah nanti menunggu keputusan Bupati. Bisa nanti ditambah 50 rumah atau 100 unit juga dari bantuan kabupaten," ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya bersama dengan Dinas Perkim Kabupaten Lingga akan melakukan survei lokasi ke beberapa pulau yang menjadi tempat domisili warga suku laut.

"Nanti kita turun tinjau, cek rumahnya rusak parah atau tidak. Nanti bantuannya sifatnya silang, tergantung kerusakan," sebut Nurzulecha.

Baca juga: Dirjen Perbenihan Kementan Gelar Penyuluhan di Lingga

Dinas Perkim Provinsi sendiri, turut menggandeng Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) sebagai mitra program pemerintah.

Sementara itu, Bupati Lingga, Muhammad Nizar sangat mengapresiasi niat baik pemerintah provinsi. Pemerintah daerah, dalam hal ini bersedia berkerja sama, baik dalam meninjau lokasi maupun dalam penambahan jumlah unit bantuan rehab nantinya.

"Alhamdulillah, pemerintah daerah menyambut baik rencana bapak Gubernur. Secara teknisnya nanti akan dilanjutkan dinas kita," ucapnya.

(ruz)