Jelang PON Papua, KONI Kepri Masih Kurang Anggaran Rp 3,2 Miliar

Jelang PON Papua, KONI Kepri Masih Kurang Anggaran Rp 3,2 Miliar

KONI Kepri masih kekurangan anggaran jelang PON Papua (Foto:Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengadu ke Gubernur Ansar Ahmad terkait kekurangan anggaran yang mencapai Rp 3,2 miliar untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

Ketua KONI Provinsi Kepri, Usep RS berharap kekurangan anggaran tersebut dapat segera dicairkan sebelum keberangkatan para atlet dan official ke Papua. Rencananya, keberangkatan dilakukan pada tanggal 30 September 2021 mendatang.

"Sebelumnya, anggaran tahap pertama Rp 1,7 miliar sudah dicairkan melalui APBD murni 2021. Sementara yang  Rp 3,2 miliar ini masih menunggu APBD Perubahan 2021," kata dia di Kantor DPRD Kepri, Tanjungpinang, Senin (23/8/2021) kemarin.

Usep mengatakan, untuk persiapan teknis keberangkatan atlet dan official persiapannya sudah 80 persen. Ia juga mengungkapkan, di ajang empat tahunan itu Provinsi Kepri berhasil meloloskan 16 cabang olahraga berikut 52 atlet.

Baca juga: KONI Kepri Gelar Rapat Anggaran Jelang PON ke-20 di Papua

KONI Kepri memasang target untuk mempertahankan peringkat 19 dengan tujuh medali emas. Sama seperti di PON XIX di Jawa Barat.  "Ada beberapa cabang olahraga andalan kami, diantaranya tinju, layar, biliar, dan takraw," sebut Usep.

Ia juga menyampaikan, saat ini sejumlah cabang olahraga sedang melakukan pemusatan latihan di sejumlah provinsi, seperti cabang olahraga biliar di Bali, dan takraw di Sumatera Barat.

"Pemusatan latihan menambah kesiapan mental dan fisik atlet jelang pertandingan di PON nanti," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepri Ansar Ahmad memastikan kekurangan anggaran KONI jelang PON XX di Papua sudah dianggarkan melalui APBD Perubahan 2021.

"Memang masih ada kekurangan 60 persen anggaran, tapi kita pastikan itu di APBD Perubahan ini," ujar Ansar.

Pihaknya juga memastikan bakal memberi bonus kepada atlet-atlet yang berhasil meraih medali di PON Papua yang dijadwalkan mulai tanggal 2-15 Oktober 2021.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews