BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

BMKG: Hujan Berpotensi Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

Ilustrasi

Lingga, Batamnews - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sejak beberapa hari belakangan. Termasuk hari ini, Jumat (20/8/2021).

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi demikian terjadi disebabkan adanya pusaran angin (Siklonik) di wilayah Selat Karimata.

Kemudian ditambah kelembapan udara yang cukup tinggi, sehingga terbentuknya awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Riau (Kepri), termasuk juga Kabupaten Lingga.

Baca juga: Anggota DPR RI Abdul Wahid Janji Bantu Atasi Persoalan Listrik di Lingga

"Hujan yang terjadi tanggal 19 Agustus hingga hari ini, akan berpotensi hujan 2-3 hari ke depan," kata dia kepada Batamnews, Jumat (20/8/2021).

Potensi hujan beberapa hari ke depan ini ujar Sahat akibat terdapatnya daerah pertemuan angin dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di wilayah Natuna. Serta adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepri, termasuk Lingga yang menyebabkan tingginya potensi pembentukan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

Sahat menyebut, jika hujan terus menerus akibat akumulasi curah hujan akan mengakibatkan genangan air (banjir). Masyarakat yang tinggal di pinggir sungai yang dangkal harus waspada.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar mendapatkan informasi cuaca setiap hari melalui media sosial BMKG. Kemudian kami turut mengimbau waspada terhadap dampak dari curah hujan ini," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews