1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Masuk RI, Prioritas untuk Ibu Hamil dan Dewasa

1,5 Juta Dosis Vaksin Pfizer Masuk RI, Prioritas untuk Ibu Hamil dan Dewasa

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sebanyak 1,5 juta dosis vaksin Covid-19 asal Pfizer akan tiba di Indonesia pada Kamis (19/8/2021). Jutaan dosis vaksin yang akan tiba tersebut merupakan kedatangan tahap ke-38 di Indonesia, sekaligus kedatangan pertama vaksin Pfizer.

Sebelumnya, Pfizer disebut bisa digunakan untuk kelompok usia remaja 12-15 tahun dengan efikasi mencapai 100 persen, sementara pada usia 16 tahun ke atas efikasinya menjadi 95,5 persen.

Bahkan Kementerian Kesehatan merekomendasikan penderita penyakit autoimun untuk memilih vaksin Covid-19 dengan platform teknologi mRNA, seperti Pfizer dan Moderna.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin Covid-19 asal Amerika Serikat, Pfizer ini akan diprioritaskan untuk ibu hamil dan dewasa di atas 18 tahun.

Baca juga: Ampuh Lawan Varian Delta, Vaksin Pfizer Tiba di RI Sore Ini

"Hanya untuk usia 18 tahun ke atas dan ibu hamil," kata Nadia dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis (19/8/2021).

Sementara Kepala Bidang Penanganan Kesehatan satgas Covid-19 Alexander Kaliaga Ginting mengatakan, vaksin Pfizer akan digunakan bagi masyarakat rentan terpapar Covid-19.

Namun dia tidak menjelaskan lebih rinci kategori masyarakat rentan dan berisiko tersebut. "Vaksin Pfizer diperuntukkan ke masyarakat yang berisiko dan rentan," kata Alex.

Adapun kelompok rentan dan berisiko terpapar Covid-19 masuk kelompok target sasaran vaksinasi Covid-19.

Target sasaran vaksinasi diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, yaitu meliputi tenaga kesehatan, lansia, petugas pelayanan publik, dan masyarakat rentan dari aspek sosial-ekonomi. Pfizer masih diprioritaskan untuk target sasaran vaksinasi Covid-19.

(ruz)
Komentar Via Facebook :