Ismail Sabri Yakoob Calon Kuat Perdana Menteri Malaysia

Ismail Sabri Yakoob Calon Kuat Perdana Menteri Malaysia

Ismail Sabri Yaakob, calon kuat PM Malaysia. (Foto: The Star)

Kuala Lumpur, Batamnews - Nama Ismail Sabri Yakoob muncul sebagai calon kuat Perdana Menteri Malaysia menggantikan Muhyiddin Yassin.

Ismail yang saat ini menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri didukung oleh anggota parlemen dari Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Gabungan Parti Sarawak (GPS).

Bernama melaporkan para pendukung Ismail telah bertemu dengan  Raja Malaysia Sultan Abdullah Ahmad Shah pada Kamis (19/8/2021).

Sementara Ismail Sabri, anggota parlemen Bera, tiba di Istana Nasional sekira pukul 13.20 waktu setempat.

Anggota parlemen Petra Jaya Fadillah Yusof dari GPS seperti dikutip oleh The Star bahwa perwakilan dipanggil satu per satu untuk memverifikasi isi pernyataan undang-undang mereka dan bahwa pilihan calon perdana menteri mereka dibuat secara sukarela.

Pada Rabu malam, Bernama, mengutip sumber Barisan Nasional (BN), men-tweet: “Anggota parlemen yang menandatangani pernyataan resmi yang mendukung Ismail Sabri sebagai calon perdana menteri diharapkan berada di Istana Nasional pada hari Kamis.”

Untuk "memverifikasi pendirian mereka", raja telah memanggil 114 anggota parlemen ke Istana yang menandatangani pernyataan resmi yang mendukung Ismail Sabri.

Anggota parlemen bertemu raja dalam kelompok, mulai dari jam 10 pagi.

Menurut laporan Star, anggota parlemen berasal dari Perikatan Nasional (PN), BN, GPS, Parti Solidariti Tanah Airku (STAR) dari Sabah dan independen yang telah mendukung Ismail Sabri menjadi perdana menteri berikutnya.

Semua anggota parlemen telah menyerahkan deklarasi hukum mereka ke istana, menyatakan siapa yang mereka dukung sebagai pemimpin negara berikutnya, tulis Star.

Majelis Rendah saat ini memiliki 220 anggota parlemen dan dua kursi kosong. Dengan 114 anggota parlemen yang mendukung Ismail Sabri, yang berasal dari UMNO, dia akan mendapatkan mayoritas sederhana.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews