Makin Canggih, Kirim Pesan Tanpa Ketik Lewat WhatsApp

Makin Canggih, Kirim Pesan Tanpa Ketik Lewat WhatsApp

Ilustrasi.

Jakarta - WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan terpopuler di dunia. Miliaran orang menggunakan aplikasi ini melalui ponsel cerdas mereka.

Kebanyakan pesan yang dikirimkan dengan mengetik pesan di WhatsApp. Namun, kini pengguna WhatsApp mengirim pesan bisa tanpa mengetik. 

Caranya bukan dengan menggunakan vioce note tetapi mengandalkan asisten pintar atau Smart Assistant.

Jika Anda pengguna ponsel Android, Anda bisa mengandalkan Google Assitant, sementara pengguna iPhone bisa menggunakan Siri. 

Syarat menggunakan smart assistant ini Anda harus mengucapkan kata dengan jelas dan menggunakan bahasa baku bukan bahasa non baku atau bahasa gaul.

Berikut panduan menggunakan Smart Assistant agar bisa mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik seperti dihimpun dari India Today, Senin (9/8/2021):

Pertama, install (pasang) aplikasi Google Assistant di smartphone Android. Untuk mengaktifkan Google Assistant dengan menekan tombol Home lama di ponsel Android.

Kedua, usai meng-install aplikasi, ketuk tombol "Buka" dan ucapkan "Hai Google". Anda juga dapat memberikan perintah suara kepada Google Assistant dengan mengatakan "Hai Google" atau "Oke Google".

Ketiga, setelah Google Assistant merespons, kamu cukup memberikan perintah "kirim pesan WhatsApp ke 'ABC' (sebutkan nama orang atau kontak yang ingin kamu kirimi pesan).

Keempat, ucapkan pesan yang ingin Anda kirim. Ketika Anda mendikte pesan, Google Assistant akan mengetik dan menampikan pesan bersamaan. Sebelum mengirim Anda bisa mengecek pesan yang akan terkirim agar pesan yang dimaksud yang bisa disampaikan tepat.

Kelima, Anda perlu mengatakan "Oke kirim" dan pesan akan terkirim. Anda juga dapat memerintahkan "ubah" jika ada koreksi.

Pengguna iOS iPhone dapat mengirim pesan WhatsApp menggunakan Siri dengan cara yang sama.

Google Assistant dan Siri juga dapat membacakan pesan untuk kamy, untuk itu Anda harus memberikan izin tertentu di smartphone. Untuk menonaktifkan akses notifikasi pada Google Anda mengubahnya pada "Bagian notifikasi" di setelan.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews