Vaksin Moderna Tiba di Kepri, Rudi: Prioritas untuk Tenaga Kesehatan

Vaksin Moderna Tiba di Kepri, Rudi: Prioritas untuk Tenaga Kesehatan

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Vaksin Covid-19, Moderna telah tiba di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kalangan tenaga kesehatan menjadi prioritas mendapatkan vaksin ini.

Vaksin buatan AS tersebut saat ini siap didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Kepri, termasuk Kota Batam. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan vaksin Moderna tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) untuk suntikan ketiga. 

"Tinggal ambil saja ke sana (Provinsi Kepri, red),” ujar Rudi, Kamis (5/8/2021). 

Ia menjelaskan vaksin jenis Moderna ini diberikan kepada para nakes yang telah mendapat vaksin dosis kedua. Hal ini sebagai upaya untuk menambah kekebalan tubuh para nakes. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, lanjut Rudi, sedang menyusun jadwal pelaksanaan vaksinasi bagi para nakes. 

Menurut data jumlah sasaran nakes sebanyak 5. 548 orang. Namun dalam jumlah yang menerima vaksin bertambah menjadi 8.962 orang. 

“Ada peningkatan, bisa saja terjadi karena ada perubahan data,” katanya. 

Selain itu, vaksin Moderna ini masih berada di Provinsi Kepri lantaran Batam masih sedang mempersiapkan sarana dan prasarana penyimpananan. 

Rudi mengatakan berdasarkan informasi dari Kemenkes, bahwa cold chain yang digunakan dalam penyimpanan vaksin Covid-19 Moderna haruslah bersuhu minus 20 derajat Celsius.

"Ini memang membutuhkan teknologi penyimpanan tertentu karena bukan lemari es yang biasa yang 2 sampai 8 derajat Celsius. Makanya lagi kami siapkan dulu tempat penyimpanannya," jelasnya. 

Nantinya, setelah data sasaran dan jadwal selesai disusun, Dinas Kesehatan Batam baru meminta vaksin tersebut untuk didistribusikan ke Batam. Mekanismenya bisa juga Dinkes Batam yang jemput, atau provinsi yang kirim ke Batam.

"Karena harus penyimpanan khusus, nanti kalau sasaran sudah siap baru vaksin diambil. Hal ini guna mengurangi dampak vaksin tersebut rusak atau tidak bisa digunakan. Intinya kalau semua sudah siap nanti akan langsung jalan proses vaksinasi untuk nakes ini," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews