Vaksin Moderna Jadi Booster Dosis Ketiga Bagi Ribuan Nakes di Batam

Vaksin Moderna Jadi Booster Dosis Ketiga Bagi Ribuan Nakes di Batam

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Para tenaga kesehatan di Kota Batam dan kabupaten/kota lainnya di Kepri akan mendapat booster atau dosis ketiga suntikan vaksin. 

Mereka direncanakan diberi suntikan vaksin Moderna, sebagai booster antibodi dari suntikan vaksin sebelumnya. Nakes dianggap sebagai ujung tombak pelayanan medis punya tantangan besar dan risiko tinggi terpapar Covid-19 dari pasien.

Baca juga: Capai 60,60 Persen, 549.792 Warga Batam Sudah Divaksinasi Covid-19

 Seperti diketahui, vaksin Covid-19 merk Moderna telah tiba di Provinsi Kepuluan Riau (Kepri). Selanjutnya vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Batam dan kabupaten/kota lainnya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi (Kasi) Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Solihin mengatakan, pemberian vaksin jenis moderna ini merupakan booster. 

“Arahan dari pusat, yang paling pertama itu (vaksin moderna) untuk para nakes sebagai booster, dosis ketiga,” ujar Solihin saat dihubungi, Kamis (6/78/2021). 

Ia menjelaskan nakes yang menerima vaksin moderna merupakan nakes yang telah divaksin dosis pertama dan kedua. 

Dan pada tahap awal ini diutamakan bagi nakes yang berada di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti puskesmas dan rumah sakit. 

“Yang terutama itu nakes, apalagi yang langsung menangani pasien Covid-19,” kata dia.

Umumnya para nakes mendapat vaksin sinovac, Solihin mengatakan tidak masalah jika nakes menerima dosis ketiga dengan Moderna.

“Tidak masalah vaksin beda, yang penting sudah dilengkapi dosis 1 dan 2. Ini kan booster ketiga. Tetapi harus ada rentang waktu 3-6 bulan setelah mendapat vaksin dosis kedua,” jelasnya.

Baca juga: Gerai Vaksinasi Polsek di Batam Suntik 800 Warga Dalam Sehari

 Mengenai jumlah nakes yang akan diberi suntikan vaksin moderna, Solihin belum mendapat angka yang pasti. Namun menurut data jumlah sasaran Nakes sebanyak 5. 548 orang. Akan tetapi dalam jumlah yang menerima vaksin bertambah menjadi 8.962 orang.

“Kami tergantung berapa yang dikirim oleh pemerintah pusat, karena kuotanya mereka yang tentukan, bisa jadi ditengah-tengah angka 5 ribu-8 ribu,” ucapnya. 

Setelah nakes mendapat booster (dosis ketiga), maka akan dilanjutkan pada elemen lainnya yang menjadi prioritas seperti pejabat pemerintahan dan petugas layanan publik hingga masyarakat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews