Segera Berakhir, PPKM akan Berlanjut Diperpanjang?

Segera Berakhir, PPKM akan Berlanjut Diperpanjang?

ilustrasi.

Jakarta, Batamnews - Sejumlah ekonom memperkirakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan kembali diperpanjang oleh pemerintah. Kebijakan PPKM pada level 3-4 sendiri akan berakhir pada besok, 2 Agustus 2021.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, pada perpanjangan PPKM kali ini pemerintah akan memberikan kelonggaran. Artinya tidak seperti yang dilakukan pada PPKM saat ini.

Baca juga: Ampuhkan 20 Hari PPKM di Kota Batam? Begini Grafik Kasus Covid

"Prediksinya PPKM akan berlanjut tapi pemerintah melakukan pelonggaran lagi atau turun ke level 3," kata dia via merdeka.com, Minggu (1/8/2021).

Dihubungi terpisah, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah pun sependapat. Dia mengatakan, jika melihat arah kebijakan pemerintah yang mengutamakan penanggulangan pandemi, maka PPKM belum akan berakhir.

PPKM akan dilanjutkan sesuai kondisi di masing-masing daerah. Misalnya untuk DKI Jakarta yang mengalami penurunan kasus yang cukup signifikan, PPKM-nya bisa turun dari 4 menjadi level 3. Tapi tetap akan dilakukan PPKM.

Baca juga: BNPB: Disiplin, Jangan Tanya PPKM Diperpanjang Atau Tidak

"Hanya ada beberapa kegiatan masyarakat yang dilonggarkan. Namun upaya menanggulangi pandemi tidak boleh kendor. Kita tidak boleh lengah sehingga kasusnya naik lagi," tandasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews