Wapres AS Kamala Harris Kunjungi Singapura dan Vietnam, Ini Agendanya

Wapres AS Kamala Harris Kunjungi Singapura dan Vietnam, Ini Agendanya

Wakil Presiden AS, Kamala Harris.(Foto: Reuters via Channel News Asia)

Washington, Batamnews - Wakil Presiden AS Kamala Harris akan melakukan kunjungan resmi pertamanya ke Singapura dan Vietnam pada Agustus 2021 mendatang.

Dalam pengumuman Jumat (30/7/2021), Gedung Putih menyatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan "dua mitra penting Indo-Pasifik".

Adapun kunjungan Harris ke Singapura untuk memenuhi undangan Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

“Kunjungan Wakil Presiden Harris menegaskan kekuatan hubungan antara kedua negara kita,” kata sekretaris pers PM Lee dilansir Channel News Asia, Sabtu (31/7/2021).

Dia menambahkan bahwa Harris akan bertemu dengan para pemimpin Singapura dan membahas cara-cara untuk memperdalam kerja sama bilateral di berbagai bidang, termasuk pertahanan, keamanan siber, perdagangan digital, perubahan iklim, dan respons global terhadap pandemi Covid-19.

Mr Lee mengatakan dia "senang" untuk menyambut Mrs Harris pada kunjungan resmi pertamanya ke Singapura.

“Saya menantikan diskusi kita untuk memperkuat kerja sama bilateral dan bekerja sama dalam menghadapi tantangan global seperti pandemi COVID-19 dan perubahan iklim,” tambahnya.

Perjalanan Harris ke Vietnam akan menjadi yang pertama oleh wakil presiden AS.

"Presiden Biden dan Wakil Presiden Harris telah menjadikannya prioritas utama untuk membangun kembali kemitraan global kami dan menjaga keamanan negara kami, dan kunjungan mendatang ini melanjutkan pekerjaan itu - memperdalam keterlibatan kami di Asia Tenggara," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

"Wakil presiden juga akan menegaskan dan merayakan ikatan budaya dan orang-ke-orang yang kuat antara Amerika Serikat dan negara-negara ini."
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews