Hitung Kebutuhan AC di Ruangan dengan Rumus Ini

Hitung Kebutuhan AC di Ruangan dengan Rumus Ini

BATAMNEWS.CO.ID - Memasang Air Conditioner (AC) harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika AC yang dipasang dayanya terlalu besar atau jumlahnya terlalu banyak, bukannya sejuk yang Anda rasakan, tapi yang didapat malah menggigil kedinginan. Sebaliknya, jka daya AC yang dipasan kekecilan atau jumlahna kurang, Anda tidak akan merasakan sejuknya AC.

Pemikiran yang sering terlintas ketika kita pikir tempatnya kecil, maka cukup hanya 1/2PK, atau sebaliknya, karena tempatnya besar, maka kita kasih 2PK. Kita pikir sudah lebih berhemat membeli satu AC dari pada dua AC Jangan sampai AC yang Anda beli terlalu besar alias pemborosan atau terlalu kecil alias kurang dingin.

Untuk menghitung kebutuhan daya AC bukan Cuma besar daya kuda (PK) yang dibutuhkan. Ada rumus sederhana yang bisa kita manfaatkan dalam ulasan cara menghitung kebutuhan AC menurut Tri Harso Karyono, arsitek yang juga peneliti di Balai Besar Teknologi Energi BPPT berikut ini, sseperti dilansir dari propertinet.

Rumusnya:

(L x W x H x I x E) / 60 = kebutuhan BTU

L = Panjang Ruang (dalam feet)

W = Lebar Ruang (dalam feet)

I = Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain).

Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).

H = Tinggi Ruang (dalam feet)

E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara; nilai 17 jika menghadap timur;

Nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.

Contoh Hitungan:

Ruangan berukuran 5mx 3m atau (16 kakix 10 kaki), tidak berinsulasi, dinding menghadap ke barat. Kebutuhan BTU = (16X10X18X10X20)/60 = 9600 BTU

Ruang berukuran 3mx 3m atau (10 kakix 10 kaki), vertilasi minim, berinsulasi, dinding menghadap utara. Kebutuhan BTU= (10X10X10X10X16)/60 = 2.6666,6 BTU

“SATUAN PK” itu merupakan istilah yang umum dipakai ditoko atau bengkel. Konsultan biasanya menggunakan angka BTU. AC 1 PK mengeluarkan energy dingin sebesar 9000- 10.000 BTU, sedangkan ruangann butuh sekitar 12.000 BTU/jam.

[rul]


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews