Relawan Tionghoa Muda Tanjungpinang Layani Oksigen Gratis Warga Isoman

Relawan Tionghoa Muda Tanjungpinang Layani Oksigen Gratis Warga Isoman

Salah seorang relawan sedang melihatkan tabung oksigen yang bisa dipinjamkan. (Foto: Yude/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Relawan di Tanjungpinang, Kepulauan Riau sediakan layanan peminjaman oksigen gratis untuk warga isolasi mandiri (isoman) Covid 19 di Tanjungpinang.

Layanan peminjaman oksigen gratis itu diinisiasi oleh Organisasi Ikatan Tionghoa Muda Kepulauan Riau. 

Setidaknya ada 10 unit tabung oksigen beserta alat regulator yang mereka siapkan untuk dipinjamkan ke warga isoman.

Baca juga: Ribuan Pasien Isoman di Batam Bakal Diungsikan ke Dormitori Industri

Ketua Ikatan Tionghoa Muda Kepri, Edi Yanto mengatakan, layanan peminjaman oksigen gratis itu mereka adakan karena keresahan di tengah masyarakat yang kesusahan mendapatkan oksigen dan alat regulator saat melakukan isolasi mandiri karena positif covid 19.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, oksigen ini menjadi kebutuhan warga yang sedang isoman, namun regulator oksigen langka, dan juga harganya mahal. Sehingga kami tergerak lah hati untuk mencari oksigen dan regulator,” ujarnya, Jumat (30/7/2021).

Dia menyebutkan, layanan peminjaman oksigen dengan volume 6 m3 itu sudah berlangsung selama tiga hari sejak Senin (27/7/2021). 

Namun katanya, ada sedikit kendala dikarenakan keterbatasan oksigen dan alat regulator yang mereka punya, sehingga tidak bisa melayani seluruh permintaan secara maksimal.

“Permintaan sangat banyak, bahkan dari luar daerah Kepulauan Riau ada juga yang menghubungi kita. Tabung oksigen yang kita punya ada 10 unit, sekarang sisa 2 dan 8 lagi sudah dipinjam,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bagi warga Tanjungpinang yang membutuhkan oksigen dapat mendatangi sekreteriat Ikatan Tionghoa Muda, di Jalan Akau Potong Lembu dengan membawa persyaratan KTP dan hasil rapid antigen positif.

“Jadi cukup bawa KTP dan hasil rapid antigen positif, serta penjamin. Tidak ada dipunggut biaya, mereka cukup tanda tangan pernyataan peminjaman saja,” ucapnya.

Baca juga: Pemko Batam Siapkan Rusun Jadi Lokasi Isolasi Terpadu Pasien Isoman

Selain layanan oksigen gratis, pihaknya juga belum lama ini menyerahkan bantuan berupa alat regulator ke Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang. 

Menurutnya, alat tegulator oksigen ini banyak diburu masyarakat, sehingga mengalami kelangkaan.

“Jadi alat regulator ini kami dapatkan dari Singapura, karena di daerah kita tidak ada, harganya pun mahal,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatannya itu dapat membantu dan meringankan beban warga yang sedang isoman.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews