Perusahaan Tak Sanggup Biayai Isolasi Karyawan, Rudi: Serahkan Pada Kami

Perusahaan Tak Sanggup Biayai Isolasi Karyawan, Rudi: Serahkan Pada Kami

Wali Kota Batam saat memimpin apel di Stadion Temenggung Abdul Jamal Batam terkait PPKM.

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota Batam tidak membebankan sepenuhnya pembiayaan pada perusahaan yang tidak mampu untuk mengisolasi karyawan yang Positif-19.

Pemko Batam diketahui telah menambah sejumlah tempat untuk dilakukannya karantina terpusat, seperti di Asrama Haji dan Rumah Susun (Rusun).

Baca juga: Apindo Batam Khawatir Kebijakan Pemda Agar Pengusaha Biayai Isolasi Terpusat

"Jadi, kalau rasanya tidak sanggup. Perusahaan bisa mengisolasi pekerja di tempat karantina terpusat yang sudah dipersiapkan Pemko," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi, pada Minggu (25/7/2021) kemarin.

Diketahui, pada rapat bersama waktu lalu. Untuk isolasi mandiri bagi pekerja perusahaan disampaikan oleh perwakilan HKI dalam pembahasan perpanjangan PPKM level 4 minggu lalu.

Pemko Batam mendukung apa yang disampaikan perwakilan Himpunan Kawasan Industri (HKI) pada pertemuan tersebut.

"Mereka yang menyanggupi. Makanya kami mendukung. Bicara soal Isoman ini kan tidak saja soal tempat mereka diisolasi, namun juga hal lainnya. Kalau sekarang mereka tidak sanggup, kami menawarkan tempat yang telah disiapkan," ujar Rudi.

"Intinya, kemarin pihak HKI yang menawarkan untuk mengurus yang pekerja ini. Makanya kami hanya memikirkan masyarakat biasa. Tapi kalau akhirnya mereka keberatan, kami tawarkan Asrama Haji dan rusun. Silakan saja kalau mau digunakan untuk pekerja," kata Rudi.

Apindo sempat mengeluh

Sebelumnya, Ketua Apindo Batam, Rafki Rasyid mengatakan, jika biaya karantina pekerja ditanggung oleh perusahaan, akan memberatkan perusahaan. Apalagi saat ini mereka tengah bertahan di tengah pandemi.

"Karena sejak awal, Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa seluruh biaya untuk masyarakat yang positif Covid-19 akan ditanggung oleh pemerintah," kata Rafki Rasyid, Selasa (27/7/2021).

Baca juga: Pemko Batam Siapkan Rusun Jadi Lokasi Isolasi Terpadu Pasien Isoman

Ia berharap Wali Kota Batam, HM Rudi berhati-hati dalam mengambil langkah dan kebijakan. Hal ini akan berdampak besar kepada sektor investasi.

"Jadi, perlu hati-hati juga jika ingin menerapkan ini, harus dibicarakan dulu pada sebagian besar pelaku usaha. Apalagi perusahaan yang jumlah karyawannya cukup banyak," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews