Jeff Bezos Tawari NASA 2 Miliar Dolar AS Tapi Minta Imbalan Kontrak Misi di Bulan

Jeff Bezos Tawari NASA 2 Miliar Dolar AS Tapi Minta Imbalan Kontrak Misi di Bulan

Jeff Bezos. (Foto: Al Jazeera)

California, Batamnews - Pendiri Blue Origin Jeff Bezos menawarkan diri kepada NASA untuk menutupi anggaran miliaran dengan imbalan kontrak pembangunan stasiun pendaratan bagi astronot di bulan.

Bezos mengatakan Blue Origin akan mengabaikan semua pembayaran hingga $2 miliar dari National Aeronautics and Space Administration dalam dua tahun fiskal pemerintah saat ini dan berikutnya. 

Blue Origin juga akan mendanai misi pathfindernya sendiri ke orbit rendah Bumi, menurut Bezos. Sebagai imbalannya, perusahaan meminta kontrak harga tetap dari lembaga pemerintah.

“Penawaran ini bukan penangguhan, tetapi merupakan pengabaian langsung dan permanen dari pembayaran tersebut. Tawaran ini memberikan waktu bagi tindakan apropriasi pemerintah untuk mengejar,” kata Bezos dalam sebuah surat terbuka kepada Administrator NASA Bill Nelson dilansir NBC News.

Baca: Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Rogoh Rp 14,5 Triliun

Pada bulan April 2021 lalu, NASA memberi SpaceX kepada Elon Musk kontrak tunggal senilai $ 2,89 miliar untuk membangun pendarat bulan berawak berikutnya di bawah program Sistem Pendaratan Manusia. 

Sebelum memilih pemenang kontes, NASA memberikan kontrak studi 10 bulan kepada SpaceX, Blue Origin, dan Dynetics untuk mulai mengerjakan pendarat bulan.

“Alih-alih pendekatan sumber tunggal ini, NASA harus merangkul strategi kompetisi aslinya,” kata Bezos. 

"Tanpa kompetisi, waktu kontrak yang singkat, NASA akan menemukan dirinya dengan pilihan terbatas karena mencoba untuk menegosiasikan tenggat waktu yang terlewat, perubahan desain, dan pembengkakan biaya," imbuhnya.

Baca: Richard Branson Dahului Jeff Bezos dan Elon Musk Piknik ke Luar Angkasa

Bezos, pendiri dan ketua eksekutif Amazon, pergi ke luar angkasa awal bulan ini dengan menumpang penerbangan roket New Shepard berawak pertama, sebuah proyek dari perusahaan Blue Origin-nya.

Dia dan penumpang lainnya melayang dalam gayaberat mikro selama beberapa menit sebelum kapsul mereka kembali dan mendarat setelah 10 menit dan 10 detik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews