Pencemaran Ubah Warna Danau Ini Jadi Merah Muda

Pencemaran Ubah Warna Danau Ini Jadi Merah Muda

Kondisi danau Corfo di Patagonia selatan yang tercemar dan berubah warna airnya. (Foto: AFP via Today Online)

Patagonia, Batamnews - Sebuah danau di wilayah Patagonia selatan Argentina airnya telah berubah menjadi merah muda cerah yang mencolok.

Para ahli dan aktivis lingkungan menduga kuat perubahan warna air danau tersebut disebabkan oleh polusi bahan kimia yang digunakan untuk mengawetkan udang guna keperluan ekspor.

Warna tersebut disebabkan oleh natrium sulfit, produk anti-bakteri yang digunakan di pabrik ikan dan limbahnya mencemari sungai Chubut.

Sungai tersebut menurut aktivis lingkungan bermuara di danau Corfo dan sumber air lainnya di wilayah sekitar.

Warga sekitar telah lama mengeluhkan bau busuk dan masalah lingkungan lainnya di sekitar sungai dan danau.

"Mereka yang seharusnya memegang kendali adalah mereka yang memberi wewenang untuk meracuni orang," kata aktivis lingkungan Pablo Lada kepada AFP.

Danau berubah menjadi merah muda pekan lalu dan tetap berwarna tidak normal pada hari Minggu, kata Lada, yang tinggal di kota Trelew, tidak jauh dari danau, sekitar 1.400 km selatan ibukota Buenos Aires.

Insinyur lingkungan dan ahli virologi Federico Restrepo mengatakan kepada AFP bahwa pewarnaan itu disebabkan oleh natrium sulfit dalam limbah ikan, yang secara hukum harus diolah sebelum dibuang.

Danau yang tidak digunakan untuk rekreasi, menerima limpasan dari kawasan industri Trelew dan telah berubah warna menjadi fuchsia sebelumnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, penduduk Rawson, tetangga wilayah yang bertetangga dengan Trelew, memblokir jalan yang digunakan oleh truk yang membawa limbah ikan olahan melalui jalan mereka ke pabrik pengolahan di pinggiran kota.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews