Aksi Sigap Tenaga Kesehatan di Natuna Evakuasi Pasien Covid-19

Aksi Sigap Tenaga Kesehatan di Natuna Evakuasi Pasien Covid-19

Tenaga kesehatan tengah mengevakuasi pasien Covid-19 di Natuna (Foto: tangkapan layar)

Natuna, Batamnews - Sebuah video viral memperlihatkan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) berjibaku membantu evakuasi beberapa pasien Covid-19 dari kapal pompong ke ambulans untuk dirujuk ke RSUD Natuna, viral.

Aksi tersebut terjadi di Pelabuhan Selat Lampa, Natuna, pada Selasa (13/7/2021) malam. Video tersebut direkam langsung oleh sopir ambulans yang berasal dari Puskesmas Cemaga.

Menurut Kepala Puskesmas Ranai, Nazri, kala itu satu unit ambulans Puskesmas Ranai dan satu dari Puskesmas Cemaga sedang menjemput dua orang pasien Covid bergejala yang berasal dari Kecamatan Serasan, Natuna.

Baca juga: Corona Melonjak, Lokasi Isolasi Asrama Haji Natuna Hampir Penuh

Petugas medis dari kedua puskesmas tersebut lantas diperbantukan untuk menjemput pasien dari salah satu kapal pompong di Pelabuhan Selat Lampa.

Dalam video tersebut terlihat detik-detik para nakes yang berjibaku mengevakuasi dua orang pasien menggunakan tandu dari bilik pompong menuju mobil ambulans.

"Karena kedua pasien tersebut bergejala, maka memang harus dirujuk menuju RSUD Natuna," kata Nazri kepada Batamnews, Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Gedung RRI Ranai Natuna Rusak Diterjang Angin Kencang

Peristiwa itu terjadi saat malam hari. Video tersebut menggambarkan betapa heroiknya para nakes dan perjuangan pasien untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal di RSUD.

Sebagaimana diketahui, kondisi Natuna yang terdiri dari pulau-pulau membuat akses transportasi dan pelayanan kesehatan di beberapa wilayah masih sangat minim dan terbatas.

Masyarakat biasanya untuk urusan kesehatan tetap bertumpu pada RSUD Natuna. Sehingga banyak pasien yang terkadang berjuang beberapa hari terlebih dahulu menyeberangi laut untuk sampai ke Pulau Bunguran Besar tempat RSUD berada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews