Spesifikasi Poco M3 Pro, Ponsel 5G dengan Harga Rp 2 Jutaan

Spesifikasi Poco M3 Pro, Ponsel 5G dengan Harga Rp 2 Jutaan

Poco M3 Pro 5G (Foto:ist/sindonews)

Batam, Batamnews - Setelah operator seluler di Indonesia mulai mengkomersialkan jaringan 5G, pabrikan ponsel pun berlomba-lomba merilis ponsel dengan konektivitas 5G. Termasuk Poco yang merilis M3 Pro 5G.

Dari namanya, terlihat kalau Poco M3 Pro 5G ini adalah saudara dari Poco M3 yang dirilis pada Januari lalu. Keduanya pun punya beberapa kesamaan, namun dengan pembeda yang jelas, yaitu dukungan untuk jaringan 5G.

Dukungan 5G ini didapat dari penggunaan system on a chip (SoC) MediaTek Dimensity 700, yang tak sekadar memberikan dukungan 5G namun juga performa yang lebih mumpuni karena menggunakan pabrikasi 7nm.

Berbeda dengan Poco M3 yang bodinya bertekstur kasar mirip kulit, M3 Pro 5G punya bodi belakang yang mulus dan mengkilat. Unit yang diterima adalah varian dengan warna Cool Blue, yang punya warna biru gelap dengan tulisan Poco di dekat modul kameranya.

Baca juga: Samsung Hadirkan Ponsel Baru Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3, Segini Harganya!

Kombinasi layar berukuran 6,5 inch dan baterai 5.000 mAh membuat bodi ponsel ini relatif nyaman dalam genggaman, bobotnya tak terlalu berat, yaitu 190 gram. Bodinya yang sedikit melengkung di bagian belakang juga punya andil dalam membuat ponsel ini nyaman digenggam.

Kamera belakang yang berjumlah tiga disusun secara vertikal dan ditemani flash di bagian sampingnya. Kamera utamanya 48 MP. Modul kamera ini tersimpan dalam bodi berwarna hitam. Oh ya, pada bagian pojok kiri bawah juga tertera tulisan '5G' yang menegaskan ini adalah ponsel 5G.

Tombol power (menyatu dengan sensor sidik jari) dan volume ada di bagian kanan ponsel. Lalu di bagian kiri ada slot untuk memasukkan 2 kartu SIM dan 1 kartu microSD. Sementara di bawah ada port USB-C dan speaker.

'Wajah' M3 Pro 5G adalah layar IPS 6,5 inch FHD+ dengan DotDisplay. Layar ini punya refresh rate dinamis, yang akan menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan, dari mulai 30Hz, 50Hz, 60Hz, sampai 90Hz. Layarnya ini dilapisi Gorilla Glass 3.

 

Layarnya ini terbilang menarik, karena punya refresh rate yang cukup tinggi, maksimal 90Hz, yang membuat scrolling terasa halus. Lalu karena refresh ratenya bisa disesuaikan dengan konten yang ditampilkan menggunakan fitur DynamicSwitch, maka ponsel pun bisa menghemat daya saat tak perlu menggunakan refresh rate tinggi.

Resolusi 1080p yang dipakai membuat Poco M3 Pro 5G bisa dipakai menonton konten video dengan nyaman. Oh ya, layarnya ini punya sensor cahaya ganda, di depan dan di belakang bodi. Jadi ponsel bisa mendeteksi cahaya dari berbagai sisi agar bisa menyesuaikan tingkat kecerahan dengan lebih baik.

Dengan adanya sertifikasi Widevine L1 pun, kualitas video yang ditonton dari Netflix akan sesuai dengan kemampuan layarnya. Alias tidak dibatasi pada resolusi 720p. Layar ini punya touch sampling rate 180Hz, yang membuatnya cukup responsif saat dipakai bermain game.

MediaTek Dimensity 700 yang dipakai di ponsel ini diklaim bisa menghasilkan performa ala ponsel flagship, karena dibuat dengan pabrikasi 7nm. Ditambah lagi dengan modem 5G terintegrasi, yang membuat ponsel ini punya kemampuan 5G.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-40, Modena Hadir dengan Produk Edisi Marvel

Dimensity 700 ini dipasangkan dengan chip RAM LPDDR4X dan UFS 2.2, dengan dua varian, yaitu 4GB/64GB dan 6GB/128GB. Skor benchmark yang didapat dari chip ini terbilang menarik.

Saat dites di Geekbench 5, skor single corenya adalah 555, lebih tinggi dari skor Helio G90T dan Snapdragon 845, dan setara dengan skor Snapdragon 732G. Lalu di AnTuTu v9 skor yang didapat adalah 331.815, mirip dengan Geekbench, skor ini hanya terpaut sedikit dengan skor dengan chip Snapdragon 732G.

Baterainya yang berkapasitas 5000 mAh membuat ponsel ini bisa bertahan dua hari dengan mudah. Kecuali tentunya dipakai bermain game secara nonstop, yang bakal menghabiskan baterainya dengan jauh lebih cepat.

Untungnya, Poco M3 Pro 5G mendukung pengisian cepat 18W lewat charger 22,5W yang disertakan di paket penjualan. Pengisian baterai dari kosong sampai penuh membutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

Dengan harga tak sampai Rp 3 juta (Rp 2,6 juta untuk varian 4GB/64GB dan Rp 2,9 juta untuk varian 6GB/128GB), Poco berani mengklaim M3 Pro 5G ini sebagai 'The Real 5G Killer'.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews