XL Axiata Susul Telkomsel-Indosat Kembangkan 5G

XL Axiata Susul Telkomsel-Indosat Kembangkan 5G

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan XL Axiata akan melakukan Uji Laik Operasi (ULO) 5G pada bulan Juli. Kepastian itu didapatkan usai anak perusahaan Axiata Group Bhd tersebut telah mengajukan permohonan ULO 5G ke pemerintah.

"Rencananya, ULO akan dilaksanakan pada bulan Juli. Saat ini, XL sedang mempersiapkan dokumen kelengkapan yang diperlukan," ujar Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada detikINET.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G. Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Baca juga: Layanan 5G di Batam Hanya Bisa di Batam Centre dan Grapari

Setelah dilakukan ULO, yang mana pengujian teknologi seluler generasi kelima tersebut sukses dan berhasil. Tahapan selanjutnya, Kominfo penerbitan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) sebagai syarat operator jualan layanan 5G ke publik.

Bila SKLO 5G sudah dikantongi XL Axiata, maka operator seluler yang menyediakan layanan 5G secara komersial makin bertambah. Sebelumnya, Telkomsel sudah lebih meluncurkannya pada 27 Mei dan Indosat pada 22 Juni.

Dedy menuturkan Kominfo menyambut baik penggelaran 5G oleh beberapa operator seluler. Namun demikian harus dipastikan bahwa pemanfaatannya harus tepat guna, misalnya untuk kebutuhan akselerasi ekosistem ekonomi digital, pengembangan teknologi baru, dan sebagainya.

"Di saat bersamaan kita juga perlu mengantisipasi efek negatif dari penggunaan 5G, seperti pernyataan Bapak Presiden terkait potensi penyebaran ideologi transnasional radikal," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews