Vaksin Sinovac Mulai Disuntikkan Pada Anak, Pfizer Kapan?

Vaksin Sinovac Mulai Disuntikkan Pada Anak, Pfizer Kapan?

Vaksinasi pelajar di SMP 30 Batam. (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Indonesia telah membuka program vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun. Namun baru satu jenis vaksin yang telah mengantongi EUA bisa digunakan untuk kelompok usia tersebut.

 

"Baru satu vaksin bisa diberikan anak-anak vaksin Sinovac, pada usia 12-17 tahun," kata Kepala Badan POM, Penny Lukito dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX, dikutip dari kanal Youtube DPR RI, Senin (5/7/2021).

 

Namun sebenarnya vaksin lain yaitu Pfizer juga bisa digunakan untuk anak-anak. Penny menjelaskan vaksin itu juga telah memiliki data uji klinik untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas. Saat ini Pfizer sedang berproses untuk mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization.

"Masih proses mendapatkan emergency use authorization dari Badan POM, tahap final. Apabila segera datang bisa menggunakan, apabila pemerintah untuk membeli menggunakan. Penggunaanya bisa diberikan untuk anak-anak," kata Penny.

Kepastian anak usia 12-17 tahun bisa diberikan vaksin Covid-19 disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Mulai awal bulan ini vaksinasi anak juga telah dilakukan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengonfirmasi vaksin anak juga telah dimulai. "Iya betul (vaksinasi mulai hari ini)," kata dia.

Bagi anak yang akan divaksinasi bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan Nomor Kependudukan (NIK) yang ada di Kartu Keluarga (KK).

Sementara itu sejauh ini vaksin yang sudah mengantongi EUA dari Badan POM adalah CoronaVAc, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Covid-19 Vaccine AstraZeneca, Covid-19 Vaccine Sinopharm, dan Moderna Covid-19 Vaccine.

Vaksin Moderna menjadi yang terakhir diberikan EUA dari Badan POM. Lembaga itu resmi memberikan izin dengan efikasi sebesar 94%.

Vaksin ini bisa digunakan untuk usia 18 tahun ke atas. Penerima vaksin bisa diberikan dua kali suntikan dan dalam rentang waktu satu bulan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews