Kemenkes Tunggu Rekomendasi Ahli soal Vaksin Ketiga untuk Nakes

Kemenkes Tunggu Rekomendasi Ahli soal Vaksin Ketiga untuk Nakes

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Kementerian Kesehatan menanggapi usulan pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga dengan metode kombinasi untuk tenaga kesehatan. Pemerintah menunggu rekomendasi dari para ahli dan organisasi profesi kesehatan.

"Kita tunggu hasil uji klinis serta rekomendasi para ahli dan organisasi profesi," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi via merdeka.com, Minggu (4/7/2021).

Saat ini, pemerintah fokus pada perluasan vaksinasi Covid-19. Upaya ini untuk menekan laju penularan Covid-19.

"Kita fokus pada perluasan penerima vaksin mengingat vaksin yang terbatas jumlahnya," ujar dia.

Sebelumnya, ahli epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono meminta pemerintah memberikan vaksin Covid-19 dosis ketiga kepada tenaga kesehatan. Jenis vaksin Covid-19 untuk dosis ketiga ini harus berbeda dengan dosis kedua atau kombinasi.

"Pak Jokowi mohon lindungi nakes (tenaga kesehatan) kita dengan vaksinasi ketiga dengan vaksin berbeda, Pfizer atau Moderna, demi menyelamatkan nyawa nakes yang terdampak lonjakan kasus yang semakin tak terbendung," kata Pandu, Minggu (4/7).

Alumni University of Pittsbrug Amerika Serikat ini mengatakan pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga dengan kombinasi sangat penting untuk membentuk kekebalan tubuh tenaga kesehatan.

"Kombinasi vaksin yang beda memberikan respons imun lebih baik," ujarnya.

Pandu kemudian menyinggung hasil studi di Inggris yang menunjukkan percampuran dua jenis vaksin Covid-19 yang berbeda menambah kekebalan terhadap virus SARS-CoV-2 itu. Dua vaksin tersebut adalah AstraZeneca dan Pfizer.

"Studi di UK (United Kingdom), kombinasi AZ (AstraZeneca) dan Pfizer sudah dipublikasi," ucap dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews