PPDB SD-SMP di Bintan Membludak, Puluhan Sekolah Over Kapasitas

PPDB SD-SMP di Bintan Membludak, Puluhan Sekolah Over Kapasitas

Orang tua dapat bantuan tas saat PPDB (Foto:ist)

Bintan, Batamnews - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SD dan SMP se-Kabupaten Bintan, akan ditutup dalam beberapa hari lagi. Namun hingga 29 Juni 2021 pendaftaran pada dua jenjang pendidikan tersebut telah membludak bahkan melebihi daya tampung.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Tamsir mengatakan, PPDB di Bintan dibuka secara online maupun ofline sejak 21 Juni-2 Juli. PPDB jenjang SD dibuka untuk 96 sekolahan yaitu 87 SD Negeri dan 9 SD Swasta. Sedangkan jenjang SMP dibuka untuk 32 sekolahan yaitu 28 SMP Negeri dan 4 SMP Swasta.

"Sampai dengan tanggal 29 juni 2021, kita mendapati ada beberapa sekolah yang pendaftarannya sudah melebihi daya tampung," ujar Tamsir, Rabu (30/6/2021).

Baca juga: Pemprov Tak Punya Duit, GOR Busung Bintan Batal Jadi Lokasi Karantina

SMP yang pendaftarannya sudah melebihi daya tampung antara lain SMPN 3 Bintan yang memiliki daya tampung 192 orang namun pendaftarnya mencapai 199 orang.

Berikutnya SMPN 9 Bintan memiliki daya tampung 96 orang namun pendaftarnya mencapai 102 orang, SMPN 12 Bintan memiliki daya tampung 192 orang, yang mendaftar mencapai 238 orang. Kemudian SMPN 16 Bintan yang memiliki daya tampung 96 orang, pendaftarnya sudah 125 orang dan SMPN 11 Bintan yang memiliki daya tampung 160 orang, dan yang sudah mendaftar 187 orang.

"Masih ada beberapa sekolah lagi yang mendaftar namun sudah melebihi daya tampung. Tapi datanya belum semuanya masuk ke kita," jelasnya.

Selain SMP, pendaftar yang melebihi daya tampung juga terjadi di jenjang SD. Meliputi SDN 11 Bintan Timur daya tampung 56 orang namun pendaftarnya mencapai 85 orang dan SDN 4 Bintan Utara memiliki daya tampung 56 orang namun yang sudah mendaftar 61 orang.

Baca juga: Corona di Bintan Makin Parah, Tiap Hari Ada Pasien Meninggal Dunia

"Masih ada beberapa calon siswa sekolah lain yang mendaftar tapi sekolahan itu over kapasitas. Data ini juga belum sepenuhnya masuk ke kita karena PPDB masih berjalan," katanya.

Pada prinsipnya, dari daya tampung untuk calon siswa baru yang memasuki jenjang SD dan SMP di Kabupaten Bintan setiap tahunnya cukup. Maka pihaknya meminta sekolah mengambil langkah cepat untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah over kapasitas atau melebihi daya tampung ini.

Salah satu solusi itu adalah mengalihkan ke sekolah terdekat namun masih dalam zonasi yang sama. Karena masih ada beberapa sekolah SD dan SMP di Bintan yang jumlah pendaftarnya kurang dari daya tampung yang tersedia.

"Bagi sekolahan yang pendaftarnya melebihi daya tampung, kita minta alihkan ke sekolah terdekat di zonasi yang sama," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews