Dua Vaksin Covid-19 Ini Ampuh Lawan Varian Delta dan Kappa

Dua Vaksin Covid-19 Ini Ampuh Lawan Varian Delta dan Kappa

Anggota Polres Karimun menjalani suntik vaksin Covid-19. (Foto: ilustrasi/Dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Sebuah riset terbaru menunjukkan dua vaksin COVID-19 terbukti ampuh melawan virus Corona varian Delta dan Kappa. Selain vaksin AstraZeneca, juga ada Pfizer yang memberikan hasil memuaskan.

Hal ini tertuang dalam sebuah riset di Oxford University.

Dipublikasikan di jurnal Cell, riset ini mengukur kemampuan antibodi dalam menetralkan virus Corona varian Delta dan Kappa. Diyakini lebih menular, varian Delta (B1617.2) dan varian Kappa (B1617.1) pertama kali diidentifikasi di India dan sempat populer dengan julukan 'varian India'.

"Tidak ada bukti lolos yang meluas, menunjukkan bahwa generasi vaksin yang sekarang akan memberikan perlindungan terhadap lineage B1617," tulis para peneliti dalam laporannya, dikutip dari Reuters, Kamis (24/6/2021).

Meski demikian, konsentrasi neutralising antibody di dalam darah menunjukkan penurunan. Para ilmuwan memperingatkan, ini berarti masih ada kemungkinan terjadi infeksi.

Pekan lalu, Public Health England (PHE) menunjukkan bahwa vaksin Corona Pfizer dan AstraZeneca memberikan perlindungan terhadap risiko dirawat karena varian Delta. Saat ini, varian tersebut mulai menjadi varian dominan di dunia mengingat persebarannya cukup tinggi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews