Tolak Divaksin Corona, Siap-siap Kena Sanksi

Tolak Divaksin Corona, Siap-siap Kena Sanksi

Kapolres Natuna memantau proses vaksinasi warga (Foto:ist)

Natuna, Batamnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), kini semakin gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 hingga 30 Juni 2021. Ditargetkan sebanyak 12 ribu jiwa harus tervaksinasi.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi dan memutus penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Natuna.

Meningkatnya sejumlah kasus Covid-19 di Natuna memicu Tim Satgas Covid-19 untuk melakukan vaksinasi secara spartan kepada sejumlah masyarakat Natuna yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin AstraZeneca tersebut.

Dan untuk mencapai targetnya, Satgas Covid tiada henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi. Bahkan kini berencana memberlakukan sanksi bagi masyarakat yang menolak untuk di vaksin.

Baca juga: Kapal Ikan Asing Merajalela di Laut Natuna, Nelayan Lokal Terusir

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kapolres Natuna sebagai Wakil Ketua Tim Satgas Covid-19 saat kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Mapolres Natuna, Selasa (8/6/2021).

Kapolres Natuna, AKBP Ike Krisnadian mengatakan, hal tersebut mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 14 tahun 2021, tentang perubahan Perpres nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan dan pengendalian vaksinasi dalam rangka penanggulangan penanganan Covid-19.

Sesuai pasal 13 A ayat 4 berbunyi, setiap orang yang telah ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin yang tidak mengikuti vaksinasi Covid-19 dapat dikenakan sanksi berupa, penundaan atau penghentian jaminan sosial atau bantuan sosial, penundaan atau layanan administrasi pemerintahan dan denda.

“Atas dasar tersebut makanya akan diterapkan pemerintah terkait dengan masyarakat kita yang menolak untuk dilakukan vaksinasi bagi orang yang telah terdaftar," ucap Kapolres.

Baca juga: Batu Marwah di Gunung Ranai Longsor, Warga: Pertanda Alam Bagi Natuna

Terlepas dari hal tersebut, dirinya berharap masyarakat jangan berspekulasi yang macam-macam dan bisa memahami pentingnya vaksinasi untuk menjaga kesehatan bersama.

Dirinya juga optimis jika target 12 ribu orang akan tercapai jika masyarakat Natuna sadar akan pentingnya vaksinasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews