Keunggulan Jaringan 5G Dibanding 4G

Keunggulan Jaringan 5G Dibanding 4G

Batam menjadi salah satu kota yang sudah bisa tersedia layanan jaringan internet 5G. Sebelum bicara lebih jauh soal jaringan 5G, ketahui dulu apa beda jaringan 5G dan 4G itu!

  • Jaringan gan 5G menggunakan frekuensi radio unik untuk mencapai apa yang tidak sanggup dilakukan 4G. 5G menggunakan frekuensi yang sangat tinggi dengan rentan 30 GHz hingga 300 GHz.
  •  
  • Keunggulan frekuensi tinggi adalah dapat mendukung kapasitas besar untuk mengakses data dalam waktu yang cepat, meningkatkan permintaan bandwidth, penggunaan yang tepat di sebelah sinyal nirkabel tanpa tanpa menimbulkan gangguan. 
  • 5G menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek, antena jauh lebih kecil dengan kontrol yang tepat.

Baca juga: 5G Hadir di Batam, Ini Daftar Ponsel yang Sudah Bisa Pakai Jaringannya

Stasiun pangkalan 5G bisa menggunakan lebih banyak antena directional, sehingga dapat mendukung lebih dari 1.000 perangkat per meter.

Jaringan 5G bisa mengirim data ultrafast ke lebih banyak pengguna, dengan presisi tinggi dan sedikit latensi. 

Jaringan 5G lebih mudah memahami jenis data yang diminta, kamu bakal lebih mudah switch ke mode daya yang lebih rendah atau tinggi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. 

Sementara menara 4G memiliki cara kerja menangkap dan menyebar data ke segala arah sehingga berpotensi membuang energi dan tenaga untuk memancarkan gelombang radio di lokasi yang tidak tepat. 

5G Lebih cepat dari 4G

Perbedaan mencolok dari kedua jaringan ini adalah soal kecepatan dalam mengakses internet. Jaringan 5G memiliki kecepatan 20 kali lebih cepat dari 4G. 5G punya kecepatan download puncak minimum 20 Gbps, sedangkan 4G hanya 1 Gbps.

 

Angka ini mengacu pada perangkat yang tidak bergerak seperti akses nirkabel tetap (FWA), adanya koneksi langsung antara perangkat pengguna dan menara. Kecepatan akan bervariasi ketika kamu bergerak di dalam mobil, kereta, atau kendaraan. 

Baca juga: Layanan 5G Masuk Batam, Amsakar: Maju Bersama di Era Digital

5G memiliki kecepatan download puncak minimum 20 Gbps, sedangkan 4G hanya 1 Gbps. Angka-angka ini merujuk pada perangkat yang tidak bergerak, seperti dalam pengaturan akses nirkabel tetap (FWA) di mana ada koneksi nirkabel langsung antara menara dan perangkat pengguna. Kecepatan menjadi bervariasi setelah Anda mulai bergerak, seperti di dalam mobil atau kereta.

Keunggulan 5G dibanding 4G

Hadirnya jaringan 5G bisa membuat aktivitasmu yang berkaitan dengan internet jadi lebih cepat dan instan.  Menggunakan jaringan 5G di rumah memungkinkan kamu untuk menghubungkan lebih banyak perangkat ke internet tanpa harus terkendala dengan bandwidth.

 

Kamu bisa menghubungkan smartphone, termostat nirkabel, game console, smart key, kamera keamanan CCTV, dan laptop ke router yang sama tanpa khawatir koneksi macet saat semuanya dihidupkan dalam waktu yang bersamaan. 

Dengan jaringan 5G, kamu nggak perlu lagi ngerasain buffering saat streaming, anti ngelag saat main game multiplayer, FaceTime-Skype-Zoom punya kualitas video yang lebih jelas dan realistis. Semua hal tersebut nggak bakal bisa dilakukan oleh jaringan 4G. Sekarang berdoa aja supaya jaringan 5G bisa segera nikmati.