MotoGP Catalunya: Insiden Baju Terbuka Quartararo Berujung Hukuman

MotoGP Catalunya: Insiden Baju Terbuka Quartararo Berujung Hukuman

Quartararo dihukum karena ritsleting bajunya terbuka di tengah balapan (Foto: Dok. MotoGP)

Barcelona, Batamnews - Fabio Quartararo mendapat hukuman penalti tiga detik usai ritsleting baju balapnya terbuka. Kondisi ini membuat posisi finisnya melorot ke urutan enam.

Keputusan itu dikeluarkan oleh pengawas balapan pada Minggu (6/6/2021) pukul 18.00 waktu setempat atau sekitar pukul 23.00 WIB. Quartararo dianggap melanggar aturan Pasal 2.4.5.2 FIM World Championship Grand Prix.

"Selama balapan MotoGP Catalunya, Anda terlihat berkendara dengan ritsleting baju balap tak terpasang dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan," bunyi pernyataan panel pengawas FIM MotoGP dalam surat kepada Quartararo.

Baca juga: Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP Tahun ini?

"Ini merupakan pelanggaran Pasal 2.4.5.2 aturan FIM World Championship Grand Prix. Karena alasan-alasan tersebut, panel pengawas FIM MotoGP menjatuhkan penalti tiga detik dalam hasil balapan di MotoGP Catalunya," jelas pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Quartararo sudah mendapat penalti tiga detik karena pelanggaran track limit, membuatnya turun peringkat finis, yang awalnya ketiga menjadi keempat. Kini, ia pun kembali melorot dua peringkat hingga urutan keenam.

Dengan begitu, Quartararo kini hanya mendapat 10 poin saja. Ia masih memuncaki klasemen MotoGP dengan 115 poin, namun kini keunggulannya atas Johann Zarco di urutan kedua terpangkas menjadi tinggal 14 poin saja. Quartararo bisa mengajukan banding atas hukuman ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews