Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP Tahun ini?

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP Tahun ini?

Valentino Rossi

Batam, Batamnews - Valentino Rossi, legenda MotoGP asal Italia, dikabarkan berencana untuk pensiun dari kejuaraan yang membesarkan namanya itu pada tahun ini. Hal itu dibeberkan sumber The Race di paddock MotoGP dalam laporan yang dirilis hari ini.

Dalam waktu dekat, juara dunia sembilan kali itu dikatakan berencana mengumumkan bahwa 2021 akan menjadi tahun terakhir balapan dalam seri tersebut.

Selama bertahun-tahun, Rossi berkukuh hanya akan pensiun saat dia mulai kehilangan kecintaannya pada olahraga tersebut. Namun, sumber yang dekat dengan pembalap berusia 42 tahun itu percaya, awal yang buruk pada musim ini telah menguatkan niat pensiun tersebut.

Awal musim 2021 memang begitu mengecewakan bagi Rossi. Dari lima balapan dalam musim ini, hasil terbaik Rossi adalah finis urutan ke-11 di Le Mans. Hanya mendapatkan sembilan poin tahun ini dan duduk di posisi ke-20 dalam klasemen sementara pembalap, Rossi akan bertarung di GP Italia di Mugello, hari ini.

Sebelumnya Rossi menegaskan bahwa waktu kritis untuk membuat keputusan adalah jeda musim panas MotoGP yang dijadwalkan pada Juli. Ini menjadi sesuatu yang ditegaskannya menjelang balapan akhir pekan ini.

"Sekarang kami memiliki periode yang sangat penting dari kejuaraan, dengan empat balapan dalam lima minggu di trek balap yang sangat penting seperti Mugello, Barcelona dan Assen. Setelah ini kita akan memiliki waktu satu bulan untuk berhenti, dan yang pasti dalam periode ini semua orang akan mulai memikirkan tahun 2022," kata Rossi.

"Saat ini saya akan mulai membuat keputusan, tetapi itu bukan hanya keputusan saya karena saya perlu berbicara dengan tim Petronas dan dengan Yamaha untuk memahami apa rencana mereka untuk tahun depan," lanjutnya.

Rossi juga menepis rumor bahwa absennya penggemar selama sebagian besar musim 2021 akan memengaruhi keputusannya.

"Itu bukan alasan untuk melanjutkan," jelasnya ketika ditanya tentang tribun kosong di balapan rumahnya. "Mugello spesial dengan fans di sekitarnya. Tapi jika saya ingin melihat fans sekitar tahun depan, saya bisa datang untuk menonton balapan," kata Rossi.

(fox)