Manfaat Konsumsi Ikan Selar bagi Kesehatan, dari Otak hingga Otot

Manfaat Konsumsi Ikan Selar bagi Kesehatan, dari Otak hingga Otot

Ikan Selar. (Foto: ist)

Jakarta, Batamnews - Ikan dikenal memiliki segudang manfaat yang bisa menyehatkan tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu ikan yang dapat dikonsumsi dan mendatangkan beragam kebaikan bagi tubuh adalah ikan selar.

Ikan selar (Selaroides leptolepsis) termasuk jenis ikan laut yang ditandai dengan karakteristik berupa adanya garis kuning di bagian sisiknya. Ikan ini disebut-sebut mengandung nilai gizi yang tak kalah dengan salmon.

Ikan selar kaya akan kalium dan vitamin A. Oleh karena itu, ikan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Berikut ini terdapat sejumlah kebaikan yang dapat diperoleh dari makan ikan selar bagi kesehatan, melansir Hellosehat.

1. Memelihara kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tergolong tinggi pada ikan selar mampu memelihara mata agar tetap sehat. Dalam setiap 100 gram ikan selar dapat mengandung sekitar 45 microgram vitamin A. Mengonsumsi ikan selar dapat mencegah terkena penyakit rabun senja.

2. Menjaga kesehatan otak

Seperti jenis ikan pada umumnya, ikan selar mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Oleh karena itu, ikan selar bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Dilansir dari Harvard Health, asam lemak omega-3 berperan memberikan efek anti peradangan dan antioksidan. Hal ini berarti, ikan selar yang mengandung asam lemak omega-3 mampu membantu meningkatkan sel otak dan mengurangi kerusakan otak.

3. Menjaga kesehatan tulang

 

3. Menjaga kesehatan tulang

Ikan selar dilengkapi dengan kandungan kalsium, vitamin D, dan protein yang berguna untuk memelihara kesehatan tulang. Ikan selar mengandung minyak yang menjadi sumber vitamin D dan mempunyai tulang yang kaya akan kalsium. Kalsium membutuhkan vitamin D untuk bisa diserap oleh tubuh. Lebih lanjut, kalsium bermanfaat membuat tulang semakin kuat dan sehat.

4. Menambah massa otot

Ikan selar dapat menjadi salah satu pilihan makanan bagi kalian yang ingin menambah massa otot. Pasalnya, ikan selar mempunyai protein yang tergolong cukup tinggi, namun kadar lemak yang rendah. Ikan selar yang bisa sebagai sumber protein rendah lemak ini bisa membantu memperoleh massa otot yang sesuai dengan harapan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews