Penjara Mewah di Inggris Bisa Bikin Penghuninya Makin 'Betah'

Penjara Mewah di Inggris Bisa Bikin Penghuninya Makin

Tampilan sel tahanan bagi napi di penjara Northampton, Inggris. (Foto: via Ladbible)

Northampton, Batamnews - Sebuah penjara berukuran raksasa dibangun di Northamptonshire, Inggris. Berbeda dengan penjara kebanyakan, hotel prodeo ini justru terlihat mewah.

Foto-foto bagian dalam penjara yang dibangun dengan biaya 253 juta Pounds ini viral di dunia maya. Menurut Ladbible, penjara ini dikelola oleh HMP Five Wells.

Dari foto-foto yang beredar, tak tampak keseraman sebuah penjara. Tak ada pintu teralis maupun jeruji besi.

Ruangan sel malah terlihat seperti kamar hotel. Menampilkan jendela tanpa palang, koridor yang lebih pendek, dan pemandangan yang mengesankan ke seberang danau pemancingan dan Sungai Nene.

Disebut, penjara ini merupakan yang terbesar di Inggris dan dapat menampung hingga 1.680 narapidana.

Penjara kategori C, yang berada di Northamptonshire, bertujuan untuk menjadi 'penjara modern dan efisien yang cocok untuk masa depan' dan akan fokus pada rehabilitasi.

Sementara beberapa orang mempertanyakan penggunaan jendela tanpa jeruji, juru bicara penjara mengatakan kaca khusus yang digunakan sebenarnya lebih aman.

Jendela yang aman dan tertutup dengan kaca yang keras dan ventilasi sempit akan digunakan di semua sel di penjara masa depan dan hanyalah salah satu langkah yang dilakukan untuk membantu menghentikan narkoba dan ponsel terlarang.

"Jendela ini sulit untuk dipecahkan, membuatnya lebih efektif dalam menghentikan tahanan mengakses barang selundupan," kata juru bicara HMP Five Wells.

Berbagi foto bagian dalam penjara, akun Twitter resminya menunjukkan salah satu kamar double, total ada 84.

"Salah satu kamar single dengan jendela tanpa palang yang FANTASTIS meskipun bukan pemandangan terbaik saat ini #penjaraterbaik," tulis mereka.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews