Corona Varian Inggris Masuk Batam, Dinkes Kepri: Lebih Cepat Menular

Corona Varian Inggris Masuk Batam, Dinkes Kepri: Lebih Cepat Menular

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mochamad Bisri menduga peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan di Kepri akibat varian baru. 

Sebelumnya memang ada temuan varian baru B117 di Batam. 

“Hal ini menjawab pertanyaan mengenai peningkatan kasus di Kepri,” ujar Bisri saat dihubungi, Senin (24/5/2021). 

Baca juga: Warga Batam Terpapar Varian Mutasi Corona B117 Asal Inggris

Ia menjelaskan varian baru B117 memiliki sifat yang penyebarannya lebih cepat. Sebelumnya Bisri sudah mencurigai adanya varian baru tersebut di Kepri karena peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. 

Oleh karena itu, Ia meminta Balai Teknik Kesehatan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) mengirimkan sampel untuk test Whole Sequencing Genome (WGS).

“Saya khawatir ada strain baru, karena melihat tren kasus sekarang ini, setelah tiga minggu ini baru diketahui dan benar ada strain baru,” katanya. 

Terhadap satu kasus yang ditemukan tersebut, Bisri mengatakan upaya tracing (penelusuran kontak) tetap dilakukan seperti biasa seperti menangani kasus Covid-19 pada umumnya. 

Namun Ia mengakui jika tracing dilakukan, maka kasus Covid-19 juga semakin banyak yang ditemukan. “Karena semakin cepat menular, semakin banyak yang positif,” kata dia. 

Akan tetapi saat ini, Kepri mengalami keterbatasan untuk melakukan PCR test karena jumlah alat PCR yang terbatas. Seperti di RSAT Tanjungpinang, alat PCR mengalami kerusakan.  

“(Alat PCR test) Di BTKL juga overload,” kata dia. 

Pihaknya meminta izin kepada Wakil Menteri Kesehatan untuk memakai Rapid Antigen, dalam upaya tracing. “Dan kami sudah diberikan izin untuk pakai antigen,” katanya. 

Bisri juga menambahkan karena temuan varian baru ini ditemukan dari warga Batam, maka varian tersebut sudah mulai menyebar. Ia menegaskan kasus tersebut harus segera ditangani dengan cepat. 

Baca juga: Wali Kota Batam Larang Pasien Positif Corona Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

“Siapa yang bawa masuk, tidak penting lagi, ini sudah menyebar, harus ditangani,” ucapnya. 

Sebelumnya BTKL-PP mengkonfirmasi varian baru jenis B117 yang berasal dari Inggris telah ditemukan di Batam. 

Temuan tersebut berasal dari 131 sampel genom yang dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) pada 29 April 2021. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews