3 Kelemahan Timnas Indonesia Lawan Afghanistan

3 Kelemahan Timnas Indonesia Lawan Afghanistan

Timnas Indonesia memiliki tiga kelemahan saat melawan Afghanistan.

Dubai, Batamnews - Timnas Indonesia memiliki tiga kelemahan saat menghadapi Afghanistan dalam pertandingan uji coba.

Timnas Indonesia menelan kekalahan 2-3 dari Afghanistan dalam pertandingan uji coba internasional, Selasa (25/5/2021) malam.

Pertandingan ini berlangsung di Lapangan Latihan JA Sports Center and Shooting Club, Dubai, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Timnas Indonesia Takluk 2-3 dari Afghanistan

Dalam pertandingan ini Indonesia harus tertinggal tiga gol lebih dulu dari Afghanistan. Tim asuhan Shin Tae Yong itu kebobolan pada menit keenam, menit ke-43, dan menit ke-49.

Sementara, Indonesia mampu membalas dua gol telat yang diciptakan Egy Maulana Vikri pada menit ke-59 usai meneruskan umpan terukur dari Kushedya Hari Yudo.

Sedangkan, gol kedua timnas Garuda dilesakkan Adam Alis Setyano usai memaksimalkan umpan tendangan bebas Egy Maulana Vikri pada menit ke-64.

Kekalahan timnas Indonesia dengan skor 2-3 dari Afghanistan ini menjadi bahan evaluasi berharga bagi Shin Tae Yong untuk membenahi skuadnya jelang melakoni Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berikut 3 Kelemahan Timnas Indonesia Melawan Afghanistan:

1. Kebobolan Cepat

Timnas Indonesia dua kali kebobolan cepat saat menghadapi Afghanistan. Pasukan Shin Tae Yong sudah kebobolan pada menit keenam dalam pertandingan ini.

Afghanistan berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43 atau di pengujung babak pertama.

Kemudian, Afghanistan mencetak gol ketiganya saat laga babak kedua baru berjalan empat menit.

Seperti diketahui, dalam permainan sepak bola 10 menit pertama dan 10 menit terakhir di setiap babak dikenal sebagai menit krusial.

Baca juga: Laga Timnas Indonesia vs Afghanistan Hebohkan Ruang Ganti Lechia Gdansk

Hal ini harus menjadi perhatian Shin Tae Yong untuk dibenahi agar penampilan timnas Indonesia, khususnya pertahanan menjadi lebih baik.

2. Gagal Memaksimalkan Serangan

Timnas Indonesia sudah berusaha merespons saat tertinggal dari Afghanistan. Sayangnya, dari sejumlah peluang yang didapat gagal dikonversi menjadi gol.

Skuad Garuda melakukan serangan pada menit ke-12 lewat sundulan Muhammad Rafli dengan memanfaatkan umpan Yakob Sayuri, tapi bola masih bisa diamankan kiper Afghanistan.

 

Timnas Indonesia terus berusaha untuk melakukan serangan ke lini pertahanan Afghanistan, namun selalu dipatahkan pertahanan Afghanistan.

Pada menit ke-20, giliran Witan Sulaeman mencoba membuat peluang. Bergerak dari sisi kiri, gelandang FK Radnik Surdulica itu melakukan penetrasi, namun masih bisa dihentikan lawan.

Indonesia kembali mencoba menggedor di menit ke-37 kali ini lewat kombinasi satu-dua Yakob dan Osvaldo Haay yang masih bisa dipatahkan barisan pertahanan Afghanistan.

Baca juga: Shin Tae-yong Rilis 28 Pemain Timnas yang Diboyong ke Dubai

Pada menit ke-88, Indonesia kembali mendapat kesempatan lewat Kushedya Hari Yudo, namun tembakannya masih dapat dihalau penjaga gawang lawan.

3. Telat Panas

Pertandingan uji coba melawan Afghanistan menjadi laga debut pelatih Shin Tae Yong bersama timnas Indonesia.

Shin Tae Yong juga banyak memanggil pemain baru dengan mengolaborasikan pemain muda dan senior.

Dalam pertandingan melawan Afghanistan, selain chemistry yang belum terbangun dengan baik, timnas Indonesia juga terlihat telat panas saat menghadapi Afghanistan.

Timnas Indonesia baru mampu mencetak gol setelah dihajar tiga gol oleh Afghanistan.

Indonesia baru berhasil mencetak gol lewat Egy Maulana Vikri pada menit ke-59 meneruskan umpan Kushedya Hari Yudo. Egy merupakan pemain yang baru dimasukkan untuk menggantikan Braif Fatari

Lalu, pada menit ke-64 melalui situasi tendangan bebas, Egy mengirimkan umpan kepada Adam Alis yang berhasil dimaksimalkan menjadi gol untuk memperkecil ketertinggalan Indonesia menjadi 2-3.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews