Mandala Sebut Penunjukan RSUD di Lingga Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid Tak Efektif

Mandala Sebut Penunjukan RSUD di Lingga Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid Tak Efektif

Salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Lingga, Yusri Mandala (Foto: Dok.)

Lingga, Batamnews - Penetapan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sebagai tempat isolasi khusus bagi pasien positif Covid-19, dinilai tidak efektif.

Hal ini disampaikan salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Lingga, Yusri Mandala kepada Batamnews, Selasa (18/5/2021).

"Sebaiknya pemerintah tidak menyiapkan rumah sakit sebagai tempat isolasi mandiri," ucap pria yang akrab disapa Baba ini.

Baca juga: Kasus Aktif Corona di Lingga Capai 143 Orang, Berikut Sebarannya

Ia pun menyarankan agar pemerintah tegas dengan pasien yang terpapar Covid-19. Salah satunya dengan mengisolasikan mereka di rumah masing-masing.

"Saya pikir lebih efektif jika isolasi di rumah dengan didukung oleh pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas, bahkan Polindes. Intinya pasien Covid yang di isolasi mandiri di rumah bisa dipantau oleh tenaga kesehatan," jelasnya.

Mandala menyebutkan, alasan tak efektifnya pasien Covid di isolasi di rumah sakit karena rawan meninggal dunia. "Karena rata-rata pasien yang isolasi di rumah sakit ada yang meninggal dunia," sebut Baba.

Baca juga: Camat Lingga Bahas Penanganan Covid Bareng Kades, Catat Poinnya!

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) telah menyiapkan dua RSUD yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu sebagai tempat isolasi khusus bagi pasien Covid-19.

Hal ini disampaikan Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat menggelar rapat bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Dabo Singkep, Senin (17/5/2021).

"Untuk isolasi khusus yang disiapkan di Dabo itu ada RSUD Dabo, 11 kamar. Kemudian di Daik ada RSUD Encik Mariyam, 8 tempat tidur," ucap Nizar.

Baca juga: Lingga Siapkan 2 RSUD Jadi Tempat Isolasi Khusus Pasien Covid

(ruz)
Komentar Via Facebook :