Positif dan Sembuh Corona, Nama Amsakar Tak Dirilis Satgas Covid-19 Batam

Positif dan Sembuh Corona, Nama Amsakar Tak Dirilis Satgas Covid-19 Batam

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menerima vaksinasi Covid-19 di Dataran Engku Putri, Batam. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam, Batamnews - Perkembangan kasus Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau setiap hari terjadi secara dinamis dan fluktuatif.

Data pasien, baik positif maupun sembuh Covid-19, saban hari selalu dirilis oleh Pemerintah Kota Batam, melalui Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batam.

Sajiannya pun menarik disertai dengan grafis dan tak lupa gambar Wali Kota Rudi serta Wakilnya, Amsakar Achmad.

Satgas Covid-19 Kota Batam pun juga merilis nama-nama pasien positif dan sembuh Corona. Data itu disajikan dalam sebuah tabel.

Untuk pasien positif, disajikan secara lengkap mulai nomor kasus, nama inisial, umur, jenis kelamin, pekerjaan, alamat, kelurahan, kecamatan, klasifikasi, riwayat penyakit hingga lokasi perawatan.

Sementara, data untuk pasien sembuh disajikan mirip seperti pasien positif namun nama tidak diinisialkan dan ditambahkan nomor pasien sembuh.

Namun demikian, Batamnews tidak menemukan nama ataupun inisial Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama sang istri Erlita Sari  dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (9/4/2021).

Baca: Amsakar Terpapar Corona Meski Sudah 2 Kali Divaksin Covid-19

Amsakar dan istri namanya tidak masuk dalam data harian sebagaimana yang dilansir Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batam.

Padahal, setiap hari Satgas Covid-19 Kota Batam selalu merilis nama-nama pasien positif dan sembuh Covid-19 dengan beragam latar belakangnya.

Data harian yang dirilis Satgas Covid-19 Kota Batam pada Minggu (11/4/2021) tidak menyebutkan adanya nama Amsakar dan istri sebagai pasien positif Covid-19.

Bahkan hingga dinyatakan sembuh pada Jumat (16/4/2021), nama Amsakar dan istri pun juga tidak ada dalam daftar pasien sembuh Covid-19.

Bava: Kondisi Terkini Amsakar, Kepala Dinkes Batam: Sudah Negatif Covid-19

Saat Batamnews mencoba mengkonfirmasi hal tersebut kepada Juru Bicara Satgas Covid-19, Azril Apriansyah melalui pesan singkat. 

Ia menjawab bahwa rilis yang dikeluarkan berasal dari tim yang melaksanakan 3T (Tracing, Testing dan Treatment).

“Terkait rilis, kami juga mendapatkan dari tim yang melaksanakan 3T,” ujarnya.

Disinggung mengenai alasan tidak adanya nama Amsakar dan istri dalam pasien positif dan sembuh Covid-19, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam itu bungkam. 

Sementara itu, Ketua Bidang Kesehatan Satgas Covid-19 yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengakui bahwa kasus Amsakar Achmad yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak dirilis oleh Satgas.

“Nunggu izin beliau (Amsakar),” ujarnya singkat.

(ret)