Realisasi Suntik Vaksin Covid Lansia di Tanjungpinang Masih Rendah

Realisasi Suntik Vaksin Covid Lansia di Tanjungpinang Masih Rendah

Vaksinasi Covid bagi Lansia di Tanjungpinang. (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Belum semua kalangan lanjut usia di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau menerima vaksinasi Covid-19.

Sejauh ini, dua posko vaksinasi sudah dibentuk di Tanjungpinang. Namun realisasi vaksinasi terhadap lansia saat ini masih rendah.

Wali Kota Tanjungpinang Rahma menyampaikan, dua posko itu guna untuk mempercepat penyuntikan vaksinasi terhadap kelompok masyarakat yang berusia 60 tahun ke atas atau lansia.

"Target kita masih fokus lansia, vaksin ini salah satu cara kita untuk memutuskan penularan Covid-19. Perlu saya sampaikan bahwa kasus positif saat ini terus meningkat," kata Rahma di Bintan Center, Tanjungpinang, Senin (19/4/2021).

Rahma menjelaskan, jumlah lansia di Tanjungpinang saat ini yang sudah divaksin ada sebanyak 6.200 orang, namun jumlah itu masih kecil dari yang ditargetkan sebanyak 17 ribu. 

Ia berharap adanya posko itu dapat mempercepat penyuntikan vaksin terhadap lansia.

"Ada dua posko, pertama di Bintan Center Tanjungpinang, dan Gedung Arsip di tepi laut, posko mulai hari ini Senin-Jumat mendatang, bukannya mulai pukul 08.30-12.00," sebutnya.

Selain untuk lansia, petugas kesehatan juga akan memberikan reward berupa penyuntikan vaksin bagi masyarakat yang mengantar orang tuanya ke posko. 

"Untuk ketersediaan dosis vaksin masih banyak, kalau untuk saat ini ada astra dan sinovac, memang kalau astra ini efeknya bisa demam, tapi vaksin ini sama-sama aman, alhamdulillah sudah ribuan orang divaksin," ujarnya.

(adi)