Singapura Kerahkan Kapal Canggih MV Swift Rescue Cari KRI Nanggala

Singapura Kerahkan Kapal Canggih MV Swift Rescue Cari KRI Nanggala

Singapura mengerahkan kapal MV Swift Rescue untuk membantu pencairan kapal selam KRI Nanggala-402.

Jakarta, Batamnews - Singapura mengerahkan kapal MV Swift Rescue untuk membantu pencairan kapal selam KRI Nanggala-402. Kapal itu diperkirakan akan tiba di lokasi hilangnya kontak KRI Nanggala pada 24 April.

"Kemudian juga ada penawaran bantuan pertama dari Singapura berupa kapal Swift Rescue, dan kapal ini penyelamat kapal selam yang mengalami kendala di bawah air, Swift Rescue ini diperkirakan akan tiba di lokasi pada 24 April," kata Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad, dalam jumpa pers, Kamis (22/4/2021).

Selain dari Singapura, bantuan juga akan datang dari Malaysia yang mengerahkan kapal MV Mega Bakti. Kapal milik Basarnas yang nantinya ikut dalam operasi pencarian.

"Malaysia juga menawarkan kapal rescue MV Mega Bakti akan tiba 26 April. KNKT juga akan membantu pencarian dengan mengerahkan gabungan BPPT dan basarnas, dengan menggunakan kapal Basarnas," ujarnya.

Dilansir dari mindef.gov.sg, MV Swift Rescue milik Singapura diluncurkan pada tahun 2008. MV Swift Rescue merupakan kapal pertama di Asia Tenggara yang memiliki kemampuan penyelamatan dan bantuan bagi kapal yang tenggelam di kedalaman laut.

Kapal ini memiliki panjang 85 meter dengan lebar 18 meter dan bobot 4.300 ton. MV Swift Rescue memiliki kecepatan 12 knots serta daya tahan operasi pencarian selama 28 hari di laut.

MV Swift Rescue mempunyai ruang perawatan hiperbarik dan deck helikopter. MV Swift Rescue juga menyediakan opsi perawatan darurat dan evakuasi. Kapal ini juga dilengkapi dengan kapal penyelamat submersible Deep Search and Rescue Six (DSAR 6).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews