Pasar Teluk Uma Karimun Masuk Nominasi Pasar Sehat Nasional

Pasar Teluk Uma Karimun Masuk Nominasi Pasar Sehat Nasional

Plh Bupati Karimun, M Firmansyah dalam pemaparan terkait penilaian terhadap Pasar Aman dari Bahan Berbahaya. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun menjadi nominator lomba Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tingkat Nasional 2021.

Penilaian dilakukan oleh tim dari Kemendagri, kemudian Koordinator Bidang Kemitraan Mikro Kecil, Koordinator Pemberdayaan Organisasi dan Kemasyarakatan.

Plh Bupati Karimun, Muhammad Firmansyah mengatakan, untuk bisa menjadi pasar sehat, tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada dukungan dan perhatian dari sejumlah pihak.

"Pasar sehat ini, pasar yang memang ada proses usaha yang terintegrasi, dan sinergi seluruh stakeholder yang ada," kata Firman, Kamis (15/4/2021).

Tim penilai juga akan meneliti dan menguji Pasar Teluk Uma.

Firman berharap Pasar Teluk Uma dapat menjadi panduan atau contoh dan meningkatkan pasar-pasar yang lain di kabupaten Karimun.

"Semoga ini dapat jadi panduan, sehingga pasar lainnya di Karimun juga dapat terhindar dari bahan berbahaya," ucap Firman.

Koordinator Pemberdayaan Organisasi dan Kemasyarakatan PMPU sekaligus Ketua Tim Juri, Ratna Wulandari mengatakan, pasar sehat, bersih dan aman dari bahan berbahaya ini sangat menguntungkan penjual dan pembeli.

"Ini akan menguntungkan bagi penjual, akan banyak konsumen yang datang ke pasar tersebut. Bagi konsumen, dengan berbelanja di pasar sehat akan terbebas dari racun atau bahan berbahaya yang dapat merusak organ tubuh," ujarnya.

Program pasar sehat sejatinya adalah milik bersama. Bukan hanya pemerintah, melainkan juga komunitas pasar dan masyarakat.

Kunci sukses keberhasilan adalah konsistensi dan kesinambungan dari peran petugas pasar, Dinas Kesehatan, Badan POM, serta Kemenkes," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews