https://www.batamnews.co.id

Pasar Teluk Uma Karimun Masuk Nominasi Pasar Sehat Bebas Bahan Berbahaya

Pasar Teluk Uma Karimun masuk nominasi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tingkat Nasional tahun 2021

Karimun, Batamnews - Pasar Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau masuk sebagai nominator dalam lomba Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Tingkat Nasional tahun 2021.

Penilaian pasar sehat aman dari Bahan Berbahaya tersebut, dilakukan oleh tim dari Kemendagri, kemudian Koordinator Bidang Kemitraan Mikro Kecil, Koordinator Pemberdayaan Organisasi dan Kemasyarakatan.

Plh Bupati Karimun, Muhammad Firmansyah mengatakan bahwa untuk bisa menjadi pasar sehat, tidak bisa berdiri sendiri. Harus ada dukungan dan perhatian dari sejumlah pihak.

"Pasar sehat ini, pasar yang memang ada proses usaha yang terintegritet, dan sinergi seluruh stakeholder yang ada," kata Firman, Kamis (15/4/2021).

Untuk itu, nantinya tim penilai juga akan meneliti atau menguji Pasar Teluk Uma, sehingga dapat dipastikan bahwa pasar itu bebas dari bahan berbahaya.

Sementara itu, Koordinator Pemberdayaan Organisasi dan Kemasyarakatan PMPU sekaligus Ketua Tim Juri, Ratna Wulandari, mengatakan bahwa pasar sehat, bersih dan aman dari bahan berbahaya sangat menguntungkan penjual dan pembeli.

"Ini akan menguntungkan bagi penjual, akan banyak konsumen yang datang ke pasar tersebut. Bagi konsumen, dengan berbelanja di pasar sehat akan terbebas dari racun atau bahan berbahaya yang dapat merusak organ tubuh," ujar Ratna.

Program pasar sehat sejatinya adalah milik bersama. Bukan hanya pemerintah, melainkan juga komunitas pasar dan masyarakat.

(aha)

Berita Terkait