https://www.batamnews.co.id

14 Kasus Baru Positif Covid di Bintan, Dinkes Ungkap Rantai Penularan

ilustrasi.

Bintan, Batamnews - Sebanyak 14 warga Kabupaten Bintan terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (14/4/2021). Delapan di antaranya berasal dari Kecamatan Bintan Timur dan enam orang lainnya dari Kecamatan Bintan Utara.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan adanya tambahan 14 pasien positif covid-19 di hari ini. Dua diantaranya tertular dari supir truk sampah dan karyawan resort. Mereka merupakan warga Bintan Timur.

"Dua orang yang tertular dari karyawan resort dan supir truk sampah itu adalah Muh berdomisili di Perumahan Tokojo dan WR berdomisili di Jalan Nosari," ujar Gama.

14 pasien positif covid-19 itu 8 diantaranya berasal dari Kecamatan Bintan Timur. Mereka adalah YK (58), ANN (16), Muh (53), WR (47), SP (64), Bu (77), AM (49), dan PY (20).

Sedangkan sisanya berasal dari Kecamatan Bintan Utara antara lain MR (14), IL (24), IN (48), RAS (51), ROS (46), dan MK (36).

"Sebagian mereka tertular akibat kontak erat dengan pasien lainnya. Tapi ada juga yang terungkap positif Covid-19 dari hasil rapid tes antigen," jelasnya.

Dari seluruh pasien yang positif Covid-19 hari ini, kata Gama, sebanyak 12 orang menjalani isolasi secara mandiri. Kemudian 2 orang lagi isolasi di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri di Kota Tanjungpinang. Sebab usia mereka yang sudah tua dan juga mengalami gejala.

"Yang isolasi di rumah sakit adalah YK seorang wanita berusia 58 tahun dan BU seorang pria berusia 77 tahun. Mereka mengalami sakit demam, batuk, dan sesak napas," katanya.

Hingga kini jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 796 orang. Dari total itu sebanyak 731 orang berhasil sembuh dan 20 orang meninggal dunia. Sehingga kasus aktif hingga saat ini sebanyak 45 orang. 

(ary)