Ini Pesan Gubernur Kepri Jelang Pilkades

Ini Pesan Gubernur Kepri Jelang Pilkades

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana berharap Pilkades serentak di Kabupaten Karimun berlangsung aman.

'Saya minta kepada Bupati (Aunur Rafiq). Agar bisa menjaga suasana kondusif di saat proses pemilihan kepala desa nantinya,' kata Agung saat memberikan amanat bersempena peringatan hari jadi Kabupaten Karimun ke-16, Senin (12/10/2015).

Pelaksanaan Pilkades harus berlangsung secara jujur, demokratis dan jauh dari kesan intimidasi terhadap rakyat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan pelaksanaan Pilkades akan dilaksanakan bulan Desember mendatang.

Di mana tahapan awal dilaksanakan pertengahan bulan Desember. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Kepala Desa di bulan Januari 2016 mendatang.

'Pilkades tetap kita laksanakan, tapi setelah Pilkada lah. Bukan ditunda ya, karena tahapan dimulai sekitar 15 Desember,' jawabnya.

Walaupun Pilkades, tapi tahapannya seperti pelaksanaan Pilkada serentak. Ada yang menjadi tim sukses, dan sebagainya.

Untuk itu, Pemda Karimun telah menyiapkan semua sesuatu, baik itu produk hukumnya maupun tentang anggarannya.

Selain itu para calon Kades yang ikut bertarung di Pilkades, akan menjalani masa fit and proper test oleh tim dari Pemda Karimun.

Namun fit and proper test tersebut hanya bertujuan sebagai informasi dan acuan bagi warga calon pemilih terhadap para kandidat yang akan mereka pilih.

'Pokoknya, Pilkades yang sah tahun depan sudah adalah. Jadi bisa memaksimalkan penggunaan dana desa nantinya, serta bisa membangun daerah sesuai dengan harapan masyarakat,' ujar Rafiq.

Terpisah Kepala Tata Pemerintahan Karimun Dwiyandri mengungkapkan, bahwa persiapan tahapan Pilkades sudah siap secara administrasi.

Dimana dari 42 Desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak yaitu 26 Desa. Dan nantinya dari Pemerintah Daerah akan memberikan bantuan Rp 11 juta per Desa.

 

[yon]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews